Sen09012014

Last update10:33:50 PM

Back Anda disini: Home

Artikel

Bentuk Tim Pengelola KEK TAA

PALEMBANG - Rencana penetapan Tanjung Api-api (TAA) menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) ditanggapi serius oleh Pemprov Sumsel. Ini ditandai dengan pembentukan Tim Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang diketuai Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumsel.
    “Kita lakukan percepatan untuk pembentukan ini.

Caranya dengan membentuk tim yang bisa bekerja untuk merealisasikan dan meyakinkan presiden dalam waktu dekat untuk menerbitkan Perpres KEK,” kata Ir Ruslan Bahri MT, asisten 2 Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda Sumsel.
    Menurut Ruslan, secara umum, tim akan diketuai oleh gubernur Sumsel. Nantinya tim ini akan berupaya memenuhi keperluan yang dibutuhkan oleh presiden sehingga perpres segera terbit. “Kita harapkan ini bisa menunjang percepatan penetapan kawasan tersebut,” ungkapnya.
    Sementara itu, Kadisperindag Sumsel, Ir Permana MMA menambahkan, pihaknya akan menjalankan beberapa rencana aksi untuk mewujudkan TAA. “Salah satu rencana aksi tersebut adalah pembentukan tim kelembagaan ini,” tegasnya.
     Menurutnya, ada beberapa prioritas kerja tim ini. Beberapa di antaranya menyiapkan pelimpahan kewenangan serta memperjelas penetapan status lahan yang akan digunakan. “Jadi kita minta bantuan Pemkab Banyuasin mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak memperjualbelikan lahan,” tegasnya.
     Permana menambahkan, tim ini juga akan bekerja ekstra keras untuk memastikan agar infrastruktur pendukung kawasan seperti jalan dan juga air dapat segera tersedia. “Nah, perlu juga kesiapan listrik dan insentif yang akan diberikan kepada investor yang ingin berinvestasi,” jelasnya.
    Sementara itu, GM PT PLN WS2JB, Paranai Suhasfan mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan dua trafo untuk menunjang kawasan tersebut. “Nah, satu trafo itu 60 MW, untuk dua trafo menjadi 120 MW. Untuk saat ini sudah sangat cukup sekali, itu sudah dibangun,” pungkasnya.(rip/ce2)