Back Anda disini: Home

Artikel

PON Remaja I Perlombakan 14 Cabor

PALEMBANG - Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja I di Surabaya, Jawa Timur (Jatim), 2014, bakal perlombakan 14 cabang olahraga (cabor). Cabang tersebut mengacu pada pertandingan di Olympic Youth Games (OYG) dan Olympic Games.
Masing-masing, karate, atletik, bola voli, panahan, dan bola basket. Kemudian tenis meja, tenis lapangan, anggar, judo, taekwondo, dayung, senam, renang, hingga sepak bola.

"Hasil rapat kita dengan perwakilan KONI provinsi se-Indonesia di Jakarta, beberapa waktu lalu, PON Remaja akan dilaksanakan pada minggu kedua November nanti," ujar Maryama Bustam, sekretaris umum KONI Sumsel, saat dibincangi koran ini, kemarin.
Menurut Maryama, induk organisasi olahraga di Bumi Sriwijaya ini sedang mempersiapkan atlet. Pasalnya, PON Remaja di Surabaya nanti merupakan event pertama di Indonesia dengan mempertandingkan kelompok umur (KU), 12-16 tahun. "Namun, khusus sepak bola usia di bawah 15 tahun," lanjut dia.
KONI Sumsel, lanjut wanita berkacamata ini, menginstruksikan pada pengurus provinsi (pengprov) cabor bersangkutan untuk segera menyetorkan nama-nama atlet. "Sejauh ini semua pengprov cabor punya atlet untuk di PON Remaja. Namun, kita belum bisa pastikan jumlah atlet yang bakal kita daftarkan," tambah dia.
Pihaknya segera bikin tim teknis. "Kami tidak mau nantinya ada sistem KKN dalam pemilihan atlet. Misal atlet yang layak tidak dibawa, sedangkan yang tidak layak justru didaftarkan. Makanya kita harus pastikan apakah atlet benar-benar layak untuk ikut PON Remaja, kami akan pantau ke pengprov-pengprov," tutur  dia.
Masih kata pensiunan TNI AD ini, KONI se-Indonesia masih kesulitan dana untuk menyongsong pesta olahraga antar-provinsi di kalangan remaja ini. "Mengingat dana untuk kegiatan PON Remaja belum dianggarkan. Namun, kita akan mengajukan anggaran tambahan," tukas dia. (ion/ce6)