Back Anda disini: Home

Artikel

Terima Kiswah dari Raja Arab

PALEMBANG - Pembangunan replika kakbah di kompleks Asrama Haji Palembang sudah kelar. Rencananya, peresmian akan dilakukan Gubernur Sumsel, H  Alex Noerdin, akhir Oktober ini.

“Sudah selesai. Seratus persen replika kakbah itu sudah siap, tinggal peresmian. Peresmian akhir bulan ini, tapi tanggalnya belum tahu,” kata Augie Bunyamin, pengelola Asrama Haji Palembang. Pembangunan replika Kakbah itu menelan dana Rp738 juta.

Pihaknya tinggal mempercantik bangunan dan sekelilingnya saja. Nantinya, sekeliling replika Kakbah itu akan dipasangi keramik. Untuk penutupnya, gubernur telah menerima informasi akan adanya hadiah kiswah untuk replika Kakbah itu dari Raja Arab Saudi.

“Pak gubernur menerima kiswah dari Raja Arab Saudi lima tahun lalu. Kiswahnya sudah ada, tinggal pasang saja,” ungkap Augie. Katanya, kiswah yang diberikan Raja Arab Saudi itu memiliki berat 1,7 ton.

“Berat sekali kiswahnya. Ini hadiah karena persahabatan antara Pak Gubernur dan Raja Arab yang memang erat. Bahkan bukan hanya kiswah, nantinya akan ada hadiah untuk Museum Islam di Asrama Haji,” bebernya.

Usai peresmian replika Kakbah, pihaknya akan melanjutkan pembuatan tempat lempar jumrah, lintasan sai, dan tawaf, lalu Museum Islam dan Hotel Syariah. “Bulan depan, kami bangun lintasan sai. Sekarang dalam proses pembentukan tim kerjanya. Mengenai dana, masih menunggu keputusan gubernur,” imbuh Augie.

Semua fasilitas itu akan dibangun di atas lahan seluas 3,6 hektare, termasuk satu kawasan dengan replika kakbah. “Ini merupakan ikon terbaru Sumsel yang bisa menjadi wisata religius, satu-satunya yang ada di Indonesia dan itu bertempat di Sumsel,” katanya.

Pembangunan fasilitas tersebut melibatkan BUMD Swarna Dwipa dengan penyertaan modal dari APBD sebesar Rp12 miliar. “Untuk dana yang dibutuhkan pembangunan semua fasilitas di kawasan itu, diperkirakan mencapai Rp80 miliar. Pembangunannya bertahap,” pungkas Augie. (wia/ce4)