Wujudkan Konsep Wisata Sambil Belajar

19 Mar 2017
84 kali dibaca
Bupati Iskandar SE menanam pohon  manggis di lokasi wisata Danau Teluk Gelam Bupati Iskandar SE menanam pohon manggis di lokasi wisata Danau Teluk Gelam foto: Humas Pemkab OKI for Sumeks

KAYUAGUNG – Wisata danau teluk gelam yang sebelumnya terbengkalai terlebih saat dikelola pihak ketiga, terus dibenahi Pemerintah Daerah OKI. Ke depan, Pemkab OKI akan mewujudkan konsep belajar dan berwisata, serta wisata terpadu yang melibatkan instansi terkait lainnya dalam pegembangan wisata teluk gelam.

Pantauan koran ini, Danau Teluk Gelam telah terlihat bersih. Rumput liar dan belukar telah dibabat habis. Selain itu, aneka tumbuhan pangan seperti jagung, umbi- umbian dan lainnya menghiasi lokasi wisata tersebut.

“Seperti kita lihat sudah mulai bersih sekarang. Memang saat ini diambil oleh Pemkab OKI pegembangannya, namun kita juga akan mengandeng pihak ketiga yang benar- benar serius mengelola Teluk Gelam ini,” ucap Bupati OKI H Iskandar SE, didampingi Kadis Kebudayaan dan Pariwisata, Amiruddin SSos, usai penanaman pohon buah seperti manggis dan mangga di lokasi beberapa waktu lalu.

Untuk mewujudkan itu maka prmkab akan mengajak instansi terkait seperti Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas PU PR dan lainnya. “Misal kalau siswa beriwisata di sini biar tahu bagaimana cara berkebun. Lalu ada wahana lainnya yang bisa dijadikan tempat belajar dan bermain seperti outbond,” bebernya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata OKI H Amirudin SSos MSi menambahkan juga akan melakukan, pembangunan untuk menghiasi danau wisata teluk gelam. Tahap awal berupa pembangunan pondok lesehan untuk duduk bersantai para wisatawan. Lalu trotoar untuk pengunjung Teluk Gelam yang hendak berjalan kaki menikmati panorama dan rindangnya pohon akasia dan pohon pelindung lainnya.

"Bila ada kegiatan di Aula Teluk Gelam, saat jam istirahat mereka bisa bersantai di lokasi ini,"kata Amirudin. Pihaknya juga optimis, ke depan pengunjung berupa keluarga atau pasangan muda-mudi dipastikan akan memilih danau teluk gelam sebagai tempat bersantai ataupun makan bersama.(gti/lia)

Get in touch

Harian Pagi Sumatera Ekspres 
Terbesar Disumatera Selatan
Gedung Graha Pena Jl. Kol H Burlian
No.773 KM.6,5 Palembang 30152
Telp : 0711 - 411768
Fax : 0711 - 420066

      

Terpopuler

Terkini

Suara Pembaca