Warga Turun ke Jalan, Isu Penculikan Merebak

19 Mar 2017
139 kali dibaca
Salah satu rumah di Kelurahan/Kecamatan Karang Jaya yang diisukan sempat didatangi wanita misterius. Salah satu rumah di Kelurahan/Kecamatan Karang Jaya yang diisukan sempat didatangi wanita misterius. istimewa

MURATARA - Masyarakat di Kabupaten Muratara, dalam dua hari terakhir ini ketularan sindrom phobia maraknya isu penculikan yang mengincar anak-anak. Sejumlah warga di Kelurahan/Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara, dibuat heboh. Bahkan ramai warga turun ke jalan mengejar oknum yang diduga hendak melakukan penculikan. Isu penculikan terhadap anak-anak dalam satu bulan terakhir santer terdengar di masyarakat Indonesia yang awalnya bermula dari Pulau Jawa. Namun kini isu tersebut mulai mempengaruhi pola pikir masyarakat, khususnya di Kabupaten Muratara.

Informasi yang begitu cepat tanpa keterangan jelas, banyak beredar. Sehingga menimbulkan phobia berlebihan di tengah masyarakat. Sabtu (18/3) sekitar pukul 19.35 WIB, masyarakat di sekitar Kelurahan Karang Jaya RT 01, ramai-ramai turun ke jalan setelah beredar isu, keberadaan orang tidak dikenal berkeliaran di kampung dan mengetuk rumah warga. Awalnya, saksi Rosmala menuturkan, saat itu orang yang yang dicurigai tersebut merupakan seorang wanita menggunakan rok dan sepatu hak tinggi. Entah mengapa wanita misterius tidak dikenal tersebut mengetuk rumahnya. Setelah saksi membuka pintu rumah, wanita yang dicurigai itu langsung kabur melarikan diri.

Karena saksi ketakutan, dia langsung berteriak histeris dan meminta pertolongan warga. Sontak saja, informasi itu beredar cepat bahkan
melalui media sosial, banyak masyarakat yang mengaitkan informasi itu dengan modus penculikan anak-anak yang saat ini tengah beredar di masyarakat.

Terpisah, Kapolres Mura AKBP Hari Brata SIK melalui Kapolsek Karang Jaya AKP Yulfikri menuturkan, pihaknya memastikan informasi yang
beredar di masyarakat itu merupakan informasi lemah tanpa bukti pendukung alias informasi palsu. Dia menegaskan, pihaknya sudah mendatangi lokasi dan melakukan pemeriksaan saksi.

"Informasinya tidak jelas mas, saksi juga tidak melapor dan modus yang dilakukan orang dicurigai juga tidak jelas. Kami minta kepada masyarakat, jangan terpancing isu-isu tidak jelas, kami tidak tahu siapa yang menghembuskannya melalui media sosial," ujarnya. (cj13)

Get in touch

Harian Pagi Sumatera Ekspres 
Terbesar Disumatera Selatan
Gedung Graha Pena Jl. Kol H Burlian
No.773 KM.6,5 Palembang 30152
Telp : 0711 - 411768
Fax : 0711 - 420066

      

Terpopuler

Suara Pembaca