Try Out! Tingkatkan Kepercayaan Diri Hadapi Ujian

Try out kadang jadi hal menyeramkan yang sering kali buat pusing. Mulai dari segi peraturan sampai sistemnya. Buat generasi Z jangan ikutan males ngikutin try out yah. Karena try out bakalan membuka pikiran kamu dalam mengerjakan soal ujian, khususnya kelas VI, IX, dan XII.

Meskipun kadang membosankan lantaran simulasi yang dilakukan berkelanjutan bahkan sering banget. Tapi, masih banyak lho, temen-temen kita yang menunggu kehadirannya. Seperti Shavira Azzahra, “Aku sangat senang kalo udah mendekati jadwal try out. Karena selain bisa menguji kemampuan kita, melalui try out juga kita bisa menyiapkan kepercayaan diri untuk menghadapi ujian yang sesungguhnya,” kata siswa SMA Negeri 15 Palembang tersebut.

Soal try out yang menyerupai soal ujian yang sebenarnya mampu membuat siswa menyesuaikan diri dan belajar lebih giat lagi kalo hasil try out yang di dapatkan kurang maksimal. “Try out itu sangat membantu aku banget dalam mengukur materi yang udah aku pahami. Apalagi kalo hasil try out-nya kurang memuasakan, artinya aku harus belajar lebih untuk materi tersebut,” curhat

Yaps, sejak kurikulum 2013 banyak banget rangkaian bahasan soal, baik soal buat tugas keseharian di kelas sampai paket soal ujian yang bervariasi. Mulai dari 5 paket, 10 paket dan 20 paket. Nah, karena itulah pihak sekolah melakukan simulasi atau try out agar siswa lebih siap lagi dalam menghadapi ujian.

Contohnya SMA Negeri 3 Palembang yang sering ngadain try out pada saat menjelang UN. ”Sekolah kami sering mengadakan kegiatan try out baik itu menjelang Ujian Sekolah Berbasis Komputer (UNBK) maupun UN. Kegiatan semacam ini sudah dilaksanakan 3 kali dalam satu periode ini. Kami pun bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan Ganesha Operation (GO), Erlangga, dan BTA 70 untuk mendapatkan hasil yang maksimal,” ungkap Rozali SPd, Wakil Kurikulum SMA Negeri 3 Palembang. (msa/fin)

 

Get in touch

Harian Pagi Sumatera Ekspres 
Terbesar Disumatera Selatan
Gedung Graha Pena Jl. Kol H Burlian
No.773 KM.6,5 Palembang 30152
Telp : 0711 - 411768
Fax : 0711 - 420066

      

Terpopuler

Terkini

Suara Pembaca