Identitas Beda, Saksi Berbelit

20 Mar 2017
42 kali dibaca

IT I – Kasus penganiayaan yang diduga dilakukan terdakwa Dicky Haitami (44) terhadap seorang pengacara, bernama Andre Yunaldi kembali berlanjut di Pengadilan Negeri Klas IA Khusus Palembang, kemarin (20/3).

Dalam persidangan tersebut salah satu saksi yakni Sucipto alias Ateng membeberkan keterangan berbeda dari Berita acara pemeriksaan (BAP). Saksi sempat membuat ketua majelis hakim Nun Suhaini kesal karena memberikan identitas berbeda dan berbelit-belit dalam memberikan keterangan.

“Nama kamu sebenarnya siapa Sucipto apa Nuriman? Di BAP namanya Nuriman,” ujarnya. Alhasil, Sucipto alias Ateng pun mengaku kalau namanya bukan Nuriman dan dirinya memberikan tanda tangan lantaran disuruh penyidik.
“Saya dak tau, disuruh tanda tangan, itu juga diperiksanyo bukan di kantor plisi, tapi di rumah,” ujar Ateng yang sehari-hari berjualan es di depan Pengadilan Negeri Palembang.

Ia juga mengatakan saat dilakukan BAP ada arahan. Sehingga dirinya seakan mengikuti arahan tersebut. “Memang saat diambil diperiksa plisi, korban sempat ado di sebelah saya,” ungkapnya.

Ateng juga tidak melihat secara langsung adanya penganiayaan tersebut meski kejadian tak jauh dari tempatnya berjualan es depan bekas kantor kejaksaan tinggi sumsel. “Yang aku liat cuma korban jatuh. Habis itu aku ditolong. Sudah itu bae,” tuturnya.

Usai mendengarkan keterangan saksi, ketua majelis hakim, Nun Suhaini meminta jaksa penuntut umum (JPU) untuk membuat tuntutan. “Sidang dilanjutkan pekan depan dengan agenda tuntutan,” tutup Nun.

Sebelumnya dalam dakwaan, terdakwa dikenakan pasal berlapis yakni dakwaan kesatu pasal 170 ayat 1,2 ke 1 KUHP, kedua pasal 351 ayat 1 KUHP. Perbuatan terdakwa dilakukan Selasa 8 November 2016 sekitar pukul 16.00 WIB di depan Pengadilan Negeri Palembang.

Terdakwa bersama tiga orang lainnya yang tidak dikenal mengejar korban dan memukuli korban. Bahkan terdakwa sempat meminta agar membawakan air keras dengan temannya, namun saksi Bayu, Amel Nuriman, Karim dan Wahyu menahan terdakwa, sehingga terdakwa pulang. (way)

Get in touch

Harian Pagi Sumatera Ekspres 
Terbesar Disumatera Selatan
Gedung Graha Pena Jl. Kol H Burlian
No.773 KM.6,5 Palembang 30152
Telp : 0711 - 411768
Fax : 0711 - 420066

      

Terpopuler

Terkini

Suara Pembaca