JK Hadiri Kremasi Wakil PM Kamboja

20 Mar 2017
106 kali dibaca
 Wapres RI Jusuf Kalla (pakai peci), ikut menghadiri upacara kremasi wakil PM Kamboja Son An, di Phnom Penh, kemarin (19/3). Sebagai penghormatan hubungan baik Indonesia-Kamboja.  FOTO: REUTERS Wapres RI Jusuf Kalla (pakai peci), ikut menghadiri upacara kremasi wakil PM Kamboja Son An, di Phnom Penh, kemarin (19/3). Sebagai penghormatan hubungan baik Indonesia-Kamboja. FOTO: REUTERS

JAKARTA – Hubungan dekat Indonesia dan Kamboja terjalin begitu erat. Wakil Presiden Jusuf Kalla menyempatkan hadir langsung dalam upacara kremasi Wakil Perdana Menteri Kamboja Sok An di Phnom Penh. JK berangkat pagi subuh dan langsung pulang sore hari kemarin (19/3).

Juru bicara Wapres Husain Abdullah menuturkan hubungan baik Indonesia dan Kamboja itu sudah terjalin cukup lama mulai zaman Soekarno. Bahkan, kedutaan besar Indonesia di Kamboja sudah ada sejak 1955.

”Secara khusus pak JK menjadi ketua Centrist Asia Pacific Democrates International (CAPDI) nah wakil perdana menteri Kamboja jadi anggotanya. Jadi hubungannya begitu dekat,” ujar Husain kemarin.

JK yang hadir bersama Mufidah Jusuf Kalla menyampaikan bela sungkawa mewakili pemerintah Indonesia. ”Kehadiran pak JK ini cukup penting untuk dukungan moril dari seorang sahabat. Makin mempererat hubungan dua negara juga,” tambah dia.

Dia menuturkan perjalanan ke Kamboja itu juga memang singkat. Tidak sampai 24 jam. Husain mengungkapkan rombongan berangkat sekitar pukul 04.00 dari bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta. Lantas tiba di Jakarta sekitar pukul 17.00. di Kamboja, JK juga punya agenda dengan Perdana Menteri (PM) Kamboja Hun Sen,di Istana PM Kamboja, Peace Palace.

”Pak JK juga bertemu dengan warga Indonesia di Kamboja. Pertemuan informal di kedutaan,” imbuh pria yang akrab disapa Uceng itu. Pertemuan tersebut tidak secara spesifik membahas isu-isu tertentu. Menurut dia, pertemuan itu berlangsung tak terlalu lama karena JK harus balik pada siang hari ke Jakarta. ”Dari Kamboja pukul 14.00 waktu setempat,” jelasnya.

Hubungan Indonesia dan Kamboja memang cukup erat dan dekat. Indonesia pernah menjadi pengamat dalam masalah perbatasan Kamboja dan Thailand pada 2012. Indonesia juga mendukung keanggotaan Kamboja dalam ASEAN pada 1999. (jun/air)

Get in touch

Harian Pagi Sumatera Ekspres 
Terbesar Disumatera Selatan
Gedung Graha Pena Jl. Kol H Burlian
No.773 KM.6,5 Palembang 30152
Telp : 0711 - 411768
Fax : 0711 - 420066

      

Terpopuler

Suara Pembaca