Pungli Para Sopir di Jembatan Keramasan

21 Mar 2017
51 kali dibaca
Kapolsek Kertapati, AKP Deli Haris menunjukkan parang dan pisau yang disita dari  tersangka yang tertangkap pihaknya dalam ekspose kemarin. Kapolsek Kertapati, AKP Deli Haris menunjukkan parang dan pisau yang disita dari tersangka yang tertangkap pihaknya dalam ekspose kemarin. foto: Dian/Sumeks

PALEMBANG - Jajaran Polsekta Kertapati meringkus pelaku pungutan liar (pungli) terhadap mobil besar, truk, dan tronton di atas jembatan Keramasan. Penangkapan itu diungkap Kapolsek Kertapati, AKP Deli Haris dalam ekspose, kemarin (20/3). 


Awalnya, polisi menciduk E (20), warga Jl Sriwijaya Negara, sedang memalak para sopir. "Dia ini, modus menyetopi truk dan meminta uang untuk beli rokok. Kalau tidak dikasih biasa memecahkan kaca dan bahkan menaiki mobil," sambungnya. Darinya disita uang yang diduga hasil memalak para sopir.

Pengakuan E, dia melakukan pungli baru tiga hari. “Targetnya, sopir mobil truk. Mengenakan seragam "orange" dan tangan terborgol, dirinya mengaku hanya beraksi di wilayah Keramasan. Tepatnya di atas jembatan Keramasan. “Kami berempat, bukan aku sendirian,” ungkap tersangka.

Dia berdalih, uang yang diperolehnya dari melakukan pungli digunakan untuk mengobati neneknya yang sakit asma. Jam aksi mereka, mulai pukul 23.00-02.00 WIB dini hari. "Satu mobil kadang Rp2-10 ribu. Sehari bisa dapat Rp100 ribu, kadang lebih," sambungnya.

Tersangka pun mengaku pernah mendekam di sel tahanan Polsek Pemulutan karena berkelahi. Tersangka lain yang diringkus, Ad (15), warga yang tinggal di Pintu Besi Kelurahan Ogan Baru, Kertapati. Dia mengaku membawa parang karena terlibat perkelahian dengan Aat (26).

"Dia menagih uang Rp5 ribu, tapi sambil mengancam bawa pisau,” imbuhnya. Tak terima dengan perlakuan Aat, dirinya pun pulang ke rumah dan datang dengan membawa parang. "Dia kejar aku pakai pisau. Aku pulang ke rumah ambil parang," kata Ad.

Terpisah, Hajais (45), warga Jl Mataram diamankan karena membawa sajam di malam Minggu. Dia pun terjaring razia. "Pisau ini dapat. Aku gunakan diajak kawan jaga Pasar Kertapati, Pak," tandasnya. (chy/ce2)

Get in touch

Harian Pagi Sumatera Ekspres 
Terbesar Disumatera Selatan
Gedung Graha Pena Jl. Kol H Burlian
No.773 KM.6,5 Palembang 30152
Telp : 0711 - 411768
Fax : 0711 - 420066

      

Terpopuler

Terkini

Suara Pembaca