Pengawas Bisa Data Sekolah Rusak

Bupati Iskandar menyematkan tanda peserta Diklat pengawas di OKI. Bupati Iskandar menyematkan tanda peserta Diklat pengawas di OKI.

KAYUAGUNG - Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) H Iskandar membuka pendidikan dan latihan (Diklat) bagi para calon pengawas sekolah yang digelar di Teluk Gelam, Jumat (17/3).  Dia berharap pengawas mampu mengawasi dan memanajerial guru.

“Hal ini agar kualitas pendidikan di OKI terus baik,” kata Iskandar.

Dikatakannya, pengawas juga dapat melaksanakan tugas mendata kondisi fisik setiap sekolah, terutama yang ada di pelosok. Menurutnya, pihaknya sangat membutuhkan data yang akurat, sehingga pembangunan fisik sekolah, seperti penambahan gedung, rehap gedung, rehap lokal atau penambahan meubiler benar-benar merata.

"Jika yang mendata adalah pengawas, pasti datanya benar-benar akurat. Ini demi kenyamanan anak-anak yang sedang belajar, jika mereka belajar di gedung atau di ruang kelas yang layak tentu mutu pendidikan akan meningkat," ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OKI Zulkarnain menambahkan bahwa tahun lalu pihaknya telah merehabilitasi gedung–gedung SD dan SMP  dengan prioritas gedung yang rusak berat. Di tingkat pendidikan dasar, telah dilakukan pembangunan ruang kelas baru (RKB) sebanyak 139 lokal, laboratorium dan ruang pratikum sebanyak 3 gedung, pembangunan perpustakaan sekolah sebanyak 21 gedung. Serta rehabilitasi bangunan sekolah sebanyak 46 unit. Sementara untuk PAUD telah dilakukan pembangunan gedung sebanyak 36 unit.

"Kesemuanya itu dilakukan dalam upaya meningkatkan pendidikan di Kabupaten Ogan Komering Ilir baik dari segi kualitas maupun kuantitas," pungkasnya. (gti)

Get in touch

Harian Pagi Sumatera Ekspres 
Terbesar Disumatera Selatan
Gedung Graha Pena Jl. Kol H Burlian
No.773 KM.6,5 Palembang 30152
Telp : 0711 - 411768
Fax : 0711 - 420066

      

Terpopuler

Suara Pembaca