Maskapai Berlomba Siapkan Rute Penerbangan Baru

01 Mar 2017
687 kali dibaca

Ekspansi Diharapkan Pacu Inbound


Perkembangan Sumsel begitu pesat. Hal ini memacu industri penerbangan. Terbukti dengan rencana ekspansi rute baru yang dilakukan. Baik untuk intra Sumsel hingga direct international.
-------------------------------


Tak bisa dipungkiri, pertumbuhan Provinsi Sumsel berada dalam trek positif jelang Asian Games 2018. Memanfaatkan potensi itu, maskapai ikut berlomba-lomba mengepakkan sayap bisnisnya. Hampir semua merencanakan penambahan rute baru.

Contohnya seperti Garuda Indonesia. Rute intra Sumsel dan direct ke Jeddah jadi bidikan. Manager Marketing Garuda Indonesia Branch Palembang, Yudi M. Fulkan mengatakan, tahun ini pihaknya berencana menambah setidaknya 3 rute baru dari Palembang. Meliputi Palembang–Lubuklinggau–Jakarta, Palembang–Padang dan Palembang Jeddah.
“Pembukaan rute baru kami ini sudah melalui pertimbangan dan nilai secara bisnis memiliki potensi yang cukup untuk dikembangkan menjadi rute baru yang menjanjikan,” kata Yudi kepada Sumatera Ekspres.

Selain didukung potensi, kondisi infrastruktur jalan yang tidak begitu bagus menuju ke kota tersebut melalui pusat kota provinsi, menjadi alasan lainnya. "Ini juga ditunjang dengan permintaan transportasi ke daerah tersebut juga cukup tinggi,” tambahnya.
Dia berharap, hal ini mendorong inbound (wisatawan masuk ke Sumsel). Apalagi untuk rute Lubuklinggau menjadi rute pertama Garuda untuk intra Sumsel. “Sedangkan untuk rute Palembang–
Jeddah memang sudah diwacana sejak lama. Ini untuk memenuhi permintaan masyarakat yang tinggi untuk beribadah, khususnya umrah,” paparnya. Terpisah, District Manager Sriwijaya Air Group, Darmando Purba menuturkan, terkait ekspansi rute baru pihaknya juga ada penambahan di tahun ini, hanya saja untuk tujuan ke mana masih dirahasiakan. “Kami kurang lebih akan buka dua rute baru. tapi ini surprise dan akan kami rilis di media jika sudah siap,” tambahnya.

Sementara maskapai Citilink juga tertarik mengembangkan rute baru dari dan ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II. District Manager, Bachtiar menuturkan, ada rencana tersebut.
“Mungkin kami akan buka ke Medan, Cengkareng, dan penambahan ke Bandung,” katanya. Khusus Cengkareng merupakan optional yang dilakukan. Sebab, market ke Jakarta dianggapnya akan bertumbuh jelang Asian Games 2018.

Rencananya, terang dia, penambahan tersebut akan dilakukan pada April mendatang. Saat ini, pihaknya masih melakukan persiapan untuk proses perizinan yang ada. “Jika benar-benar sudah fix tentunya akan kami infokan lagi,” jelasnya.

Di sisi lain, Lion Air juga tak ingin ketinggalan. Station Manager Lion Air Palembang, Gilbert Lawalata juga mengakui ada rencana tersebut. Penambahan akan dilakukan ke Medan (KNO), Bandung (BDO), Surabaya (SUB), dan Solo (SOC). “Planning-nya masih dalam proses izin rute,” tegasnya.
Adanya penambahan rute baru dinilai Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel, Yos Rusdiansyah akan memiliki pengaruh cukup positif, khususnya untuk pengembangan wisata lokal. “Adanya rute-rute baru dapat menjadi daya tarik, pasalnya ini akan menarik inbound,” katanya.

Yos menjelaskan, rute baru akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wilayah rute baru yang di tuju. Misal kata dia, rute Palembang–Jeddah yang akan di buka Garuda. “Rute ini memungkinkan wisatawan dengan pasar baru di timur tengah meningkat. Ada baiknya wisata religi dan historis di kembangkan lebih baik lagi,” jelasnya. Sedangkan pengembangan rute lainnya, juga tidak dipungkiri menjadi salah satu pintu masuk wisatawan ke Sumsel, seperti Jakarta dan Bali.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani mengatakan, ada tiga kunci utama yang bisa menarik minat wisatawan untuk inbound. Seperti masing-masing banyaknya atraksi-atraksi menarik yang ditampilkan, destinasi (objek wisata) yang bagus serta adanya aksesibilitas atau kemudahan akses untuk menuju ke destinasi wisata tersebut.

“Salah satu aksesibilitas itu ditandai dengan makin banyaknya slot (rute) jalur penerbangan dari dan menuju ke destinasi wisata di suatu daerah dengan kian banyaknya waktu penerbangan berimplikasi terhadap efisiensi waktu dan biaya yang mesti dikeluarkan wisatawan,” katanya.

Terkait penambahan slot penerbangan yang dilakukan maskapai, Isnaini menyambut baik hal itu. Harapannya, agar tidak hanya rute dari Palembang yang ditambah melainkan diharapkan pula sebaliknya rute ke Palembang yang juga perlu ditambah.

“Saat ini Palembang tengah giat-giatnya membangun infrastruktur terutama untuk persiapan sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Sesuai dengan visinya Palembang bakal menjadi salah satu destinasi sport tourism dengan banyaknya venue-venue olahraga berstandar internasional yang dibangun dalam satu kompleks olahraga yakni Jakabaring Sport City,” urainya.(crip/cj10/kms/ce2)

Get in touch

Harian Pagi Sumatera Ekspres 
Terbesar Disumatera Selatan
Gedung Graha Pena Jl. Kol H Burlian
No.773 KM.6,5 Palembang 30152
Telp : 0711 - 411768
Fax : 0711 - 420066

      

Terpopuler

Suara Pembaca