Maret Puncak DBD

19 Mar 2017
130 kali dibaca

BANYUASIN – Warga Kabupaten Banyuasin diminta waspada terhadap penyakit demam berdarah dengue (DBD). Karena penyakit ini mulai menyerang warga di Kelurahan Sukamoro, Kecamatan Talang Kelapa. “Iya Mas salah satu warga kami sudah terserang penyakit DBD,”ujar Ketua RT 47, Nachung, kemarin (19/3).

Ia mengaku baru mendapatkan satu laporan, dan sampai saat ini belum menyerang warga lainnya di kawasan Kompleks Sukamoro Residence, RT 46, RW 07.”Hanya satu ini yang melapor, diharapkan tidak ada lagi,”tukasnya. Warga yang terkena DBD adalah Marbun (40), sehingga terpaksa dirawat inap di klinik kesehatan di Kecamatan Sembawa, Banyuasin.

Kepada instansi terkait, ia meminta untuk segera melakukan tindakan atau pencegahan terhadap penyebaran penyakit DBD ini.”Karena warga sudah cukup resah dan khawatir,”tegasnya. Nantinya instansi terkait bisa melakukan fogging, menyebarkan bubuk abate dan lain sebagainya untuk membasmi jentik–jentik nyamuk Aedes Aegypti. Apalagi saat ini memasuki musim penghujan, sehingga banyak genangan air.”Bisa jadi itu akibatnya, banyak jentik nyamuk bermunculan,”tuturnya.

Terpisah, Marbun, mengaku kalau awalnya tubuhnya merasa meriang, badan terasa panas sejak satu minggu terakhir.”Kemudian saya berobat ke dokter, dan dari keterangan dokter kalau saya positif mengidap penyakit DBD,”ucapnya, kemarin. Setelah itu ia diminta oleh dokter tersebut untuk dirawat inap beberapa hari.”Setelah dua hari, baru disuruh pulang karena kondisi kesehatan mulai stabil,”ungkapnya.

Masih kata Marbun, tidak hanya ia yang menderita DBD, pernah ada beberapa warga di kompleks tersebut yang mengalami hal yang serupa.”Tapi tidak sampai dirawat,”tambahnya. Oleh karena itu, ia berharap kepada instansi terkait untuk membasmi jentik–jentik nyamuk di Kelurahan Sukamoro tepatnya di Kompleks Sukamoro Residence ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin dr Masagus M Hakim MKes ketika dikonfirmasi kalau pihaknya belum mendapatkan laporan terkait adanya warga yang terkena penyakit DBD di wilayah tersebut.”Belum dapat laporan,”ucapnya.

Maka dari itu, ia berharap kepada warga untuk segera melaporkan kepada Dinas Kesehatan baik itu pustu, puskesmas dan lain sebagainya.”Nanti akan kita tindak lanjuti,”janjinya. Di lapangan nantinya Dinas Kesehatan bersama unsur terkait lainnya akan lebih memfokuskan pembasmian jentik–jentik nyamuk di kawasan tersebut.”Karena asal-muasalnya yaitu dari genangan air yang berisikan jentik–jentik nyamuk, daripada melakukan fogging,”tegasnya.

Oleh sebab itu, kepada warga untuk mengerakan pola 3 M, yaitu menguras tempat penyimpanan air, menutup tempat penyimpanan air dan terakhir mengubur kaleng dan lain sebagainya. Diakuinya kalau pada bulan Maret ini juga termasuk puncak penyakit DBD di berbagai daerah termasuk di Kabupaten Banyuasin.”Untuk jumlahnya saya belum tahu persis,”pungkasnya.(qda/lia/ce4)

Get in touch

Harian Pagi Sumatera Ekspres 
Terbesar Disumatera Selatan
Gedung Graha Pena Jl. Kol H Burlian
No.773 KM.6,5 Palembang 30152
Telp : 0711 - 411768
Fax : 0711 - 420066

      

Terpopuler

Suara Pembaca