Banyak Serat, Batasi Pedas

18 Mar 2017
134 kali dibaca
Foto:net Foto:net

MAKANAN yang dikonsumsi masyarakat sangat berperan menunjang kesehatan. Karenanya jika konsumsi makanan yang kurang sehat seperti makanan pedas dan asam berlebih dapat menimbulkan iritasi bibir.
Menurur Andarini AMG, Ahli Gizi RS Hermina Palembang untuk mendapatkan bibir sehat, disarankan mengkonsumsi makanan seperti tomat memiliki kandungan vitamin c yang cukup ampuh untuk mengatasi bibir kering. “Selain untuk bibir kering dan pecah, buah tomat juga dapat memberikan warna cerah pada bibir,” ujarnya.
Caranya hancurkan sedikit irisan tomat, lalu oleskan diserta pijatan lembut merata dibibir. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Begitu juga dengan wortel. Tidak hanya bagus untuk mata, juga sangat bermanfaat untuk melembabkan kulit yang salah satunya adalah kulit bibir.
Caranya parut satu batang wortel lalu peras hingga diperoleh sari wortel, minum sari wortelnya dan oleskan ampas sisa wortel pada bibir hingga merata. “Masih ada mentimun, kandungan vitamin c yang terdapat pada mentimun mampu menyembuhkan kelembaban bibir secara alami,” jelasnya.
Lanjut dia, iris tipis mentimun segar, cukup dengan memijat bagian bibir secara perlahan menggunakan irisan timun. Lakukan hal ini dua kali sehari. Begitupun dengan jus melon, tidak perlu diragukan lagi tentang kandungan vitamin c yang terdapat pada buah melon dan jeruk.
Hanya dengan mengkonsumsi secara langsung atau membuatnya menjadi jus masalah bibir kering dapat teratasi sekaligus memperkuat daya tahan tubuh. Madu cairan manis yang berasal dari lebah ini memiliki manfaat melembabkan kulit bibir.
Madu merupakan pelembab yang juga memiliki sifat penyembuhan dan anti bakteri untuk mengatasi bibir kering dan pecah- pecah. “Caranya oleskan saja madu pada bibir secara merata pijatan secara perlahan lakukan hal ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal,” tukasnya.
Bagaimana dengan makanan mengatasi penderita yang sulit buang air besar. Ahli Gizi Klinik RSMH Palembang, Yenita DCN MPH RD menjelaskan, penyebab sembelit misalnya kurang minum, kurang konsumsi serat, perubahan pola makan serta kebiasaan mengabaikan keinginan untuk BA. Bisa juga karena efek samping obat -obatan, dan gangguan psikogenik.
“Untuk mengatasi konstipasi dengan konsumsi serat 25-30 gram per hari, minum air putih lebih dari 8 gelar per-hari dan olahraga teratur,” ujarnya. Makanan untuk mengatasi konstipasi atau sembelit. Antara lain, makanan pokok beras tumbuk, beras ketan, havermout, bulgur, jagung, ubi, singkong.
Kacang kacangan seperti wijen, kacang hijau, kacang merah, kacang kedelai. “Buah-buahan seperti Pepaya, Pisang, Melon, Jeruk, Anggur, Tomat, Alpukat, Mangga, Apel, Nenas, Belimbing, Stroberi juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi sembelit,” katanya. Makanan lainnya sayuran seperti kubis, wortel, bayam, brokoli, buncis, kacang panjang dan lainnya.
Ada juga, lanjut dia, makanan yg harus di hindari pada saat sembelit . Contohnya cokelat, produk susu dalam jumlah besar seperti keju, daging merah. “Begitu juga dengan makanan siap saji nuget ayam, hot dog, daging olahan, minuman dan bersoda,” pungkasnya. (qiw/nan)

 

Get in touch

Harian Pagi Sumatera Ekspres 
Terbesar Disumatera Selatan
Gedung Graha Pena Jl. Kol H Burlian
No.773 KM.6,5 Palembang 30152
Telp : 0711 - 411768
Fax : 0711 - 420066

      

Terpopuler

Terkini

Suara Pembaca