Lihat Nih... Aksi Anjal Pada Festival Anak Jalanan

Aksi anak jalanan pada festival. Aksi anak jalanan pada festival. foto: alfery ibrohim/sumeks.co.id

PALEMBANG - Siapa bilang anak jalanan tak punya mimpi. Jika biasanya kehadiran mereka membuat risih, kemarin (19/3) anak jalanan yang dibina komunitas sosial relawan Sumsel menunjukkan keahlian mereka di seni Festival Anak Jalanan. Performance live music, mewarnai, serta manampilkan seni koran atau pameran koran, anak jalanan ini menunjukkan bahwa mereka masih punya mimpi dan mereka punya keahlian yang bisa dikembangkan untuk mewujudkan mimpi mereka dan bisa membuat hidup mereka lebih baik ke depan.

Ketua Pelaksana Festival Seni Anak Jalanan, Wilvinta Pratiwi mengatakan, anak jalanan yang tampil di even ini merupakan binaan dari empat titik anak jalanan ada di Kota Palembang, yaitu Simpang Charitas, Simpang Sungki, Lampu Merah Angkatan 45, dan di Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera).

“Masing-masing dari tiap titik ini, anak jalannya punya mimpi atau keahlian yang mereka miliki, misal Simpang Charitas dan Monpera lebih ke musik dengan kebiasaan mereka mengamen. Angkatan 45 ke seni koran (ini kami bina, karena anak jalanan di sini banyak berprofesi jual koran), Simpang Sungki, kami lakukan pendidikan, karena anak jalanan di sini masih banyak yang ingin sekolah (sekolah),” jelasnya.

Menurut Wilvinta, anak jalanan ini pada dasarnya masih punya harapan, hanya saja karena kondisilah yang membuat mereka berada di jalanan, dan karena lingkungan dan kerasnya kehidupan di jalanan membuat mereka dekat dengan kriminalitas dan perilaku yang tak sopan, sehingga selalu dipandang negatif di masyarakat.

“Untuk itu, kami di komunitas sejak 2 tahun lalu melakukan pembinaan ke mereka, agar setidaknya mereka yang berada di jalanan bisa dihargai, dengan pendidikan, agar sikap mereka juga tidak negatif danbisa dihargai. Lewat pembinaan ini, kami harap mereka yang mengamen atau jual koran dan lainnya diberi uang atau dibeli dagangannya bukan dari rasa kasihan, tapi memang karena ingin dan rasa menghargai,” tuturnya. (cj10)

Get in touch

Harian Pagi Sumatera Ekspres 
Terbesar Disumatera Selatan
Gedung Graha Pena Jl. Kol H Burlian
No.773 KM.6,5 Palembang 30152
Telp : 0711 - 411768
Fax : 0711 - 420066

      

Terpopuler

Suara Pembaca