Items filtered by date: Selasa, 07 Maret 2017
Rabu, 08 Maret 2017 06:51

Samudera Hindia Jadi Kekuatan Baru

JAKARTA - Kawasan Samudera Hindia sedang bergerak menjadi kekuatan baru ekonomi dunia. Kawasan itu diprediksi mampu menggantikan poros Atlantik yang sudah dikenal selama ratusan tahun, dan mengalahkan poros pasifik yang mulai bergeliat 30 tahun terakhir. Karena itu, negara-negara di kawasan Samudera Hindia harus benar-benar bisa menyatukan kekuatan.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat berbicara dalam Leaders Summit KTT IORA 2017 di Jakarta Convention Center (JCC) kemarin (7/3). Dia meyakinkan para pemimpin bahwa sudah saatnya poros Hindia mengambil peran lebih besar di dunia Internasional. “Kami percaya, saat ini samudera Hindia di ambang keperkasaan, dengan perkembangan masyarakat yang besar dan ekonomi yang semakin berperan,” ujarnya.

Jokowi menjelaskan, KTT IORA yang baru saja berlangsung merupakan satu langkah progresif dari para pemimpin negara IORA. Melalui KTT tersebut, negara-negara anggota IORA diharapkan bisa bergerak cepat menghadapi situasi masa kini dan menghadapi tantangan di masa depan. “Ini menjadi tonggak pembaharuan komitmen negara-negara anggota IORA untuk mengintensifkan kerja sama IORA,” tuturnya.

Pembukaan itu dihadiri oleh sedikitnya 16 dari 21 negara anggota IORA. Sebagian besar menghadirkan pemimpinnya tanpa diwakili. Seperti Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma, PM Australia Malcolm Turnbull, Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena, Presiden Mozambik Filipe Nyusi, PM Bangladesh Sheikh Hasina, hingga PM Malaysia Najib Razak.

Jokowi menyebut kawasan Samudera Hindia sebagai wilayah yang unik. Kawasan tersebut memiliki karakteristik yang khas. “Sebuah kawasan yang kaya, tapi juga sekaligus masih memiliki kantong-kantong kemiskinan,” lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Samudera Hindia juga merupakan kawasan yang kaya akan tradisi namun masih perlu sentuhan modernisasi.

“Semua pemimpin negara anggota IORA menyadari dan tahu potensi yang mereka miliki. Karena itu, kami berkomitmen ujntuk menjaga Samudra Hindia,” tambahnya.

IORA, tutur Presiden 55 tahun itu, sudah menelurkan sejumlah kesepakatan konkret. Di antaranya, penanggulangan bencana. Kemudian, pada 2015 lalu IORA juga sepakat memfasilitasi berbagai kerjasama di bidang maritim antar negara-negara anggotanya. Sedangkan, pada 2016, para menlu IORA bertemu di Bali. Pertemuan itu menghasilkan deklarasi kesetaraan serta pemberdayaan ekonomi perempuan.

Jokowi menambahkan, setiap anggota IORA pasti memperjuangkan kepentingan negara masing-masing dalam orum tersebut. “Saya mengimbau semuanya mendorong solusi-solusi yang praktis atas tantangan yang ada,” tambahnya. Mengingat, di seluruh dunia saat ini sedang terjadi dua revolusi. Besar. yakni, revolusi teknologi dan politik.

Sementara itu, dalam Leaders Forum kemarin, para pemimpin negara menandatangani sejumlah dokumen. Yakni Jakarta Concord, IORA Action Plan, IORA Declaration on Preventing and Countering Terrorism and Violent Extremism, dan Joint Declaration of the IORA Business Community to Build Partnership for a Sustainable and Equitable Economic Growth. “Deklarasi ini bertujuan menciptakan perdamaian, stabilitas, dan mempromosikan pesan positif dari toileransi dan keberagaman,” tambah Menlu Retno LP Marsudi.

Dokumen-dokumen tersebut merupakan kesepakatan yang telah dicapai dalam pertemuan tingkat menteri kemudian disahkan oleh kepala negara anggota IORA. Jakarta Concord menjadi kesepakatan penting karena merupakan rencana aksi pertama sejak IORA berdiri 20 tahun lalu. “Dokumen ini merupakan rencana aksi pertama sejak organisasi ini berdiri 20 tahun lalu,” ucap Retno. Dokumen tersebut, lanjutnya, berisi komitmen implementasi rencana aksi bagi para anggota IORA.

Para pemimpin berkomitmen untuk mengampanyekan keamanan di sektor maritim.

Published in NASIONAL
Rabu, 08 Maret 2017 06:45

Bangun 25 Lantai

PALEMBANG - Gubernur Sumsel Alex Noerdin berencana untuk merelokasi kompleks perkantoran Pemprov Sumsel. Saat ini perkantoran Pemprov Sumsel berada di Jl Kapten A Rivai akan dipindah ke kawasan Musi II. Hanya saja, rencana tersebut masih terbentur aturan dalam proses pembiayaan. ”Rencananya menggunakan sistem ruislag,” kata Alex, kemarin (7/3).

Menurut Alex, pihaknya berencana untuk menempatkan kantor satuan kerja perangkat daerah (SKPD) menjadi satu lokasi. Karena saa tini kantor SKPD Sumsel menyebar di beberapa lokasi. Selain di Jl. Kapten A. Rivai, juga ada di Jl. Sudirman, Jl. Deman Lebar Daun, dan beberapa kawasan lainnya. ”Karenanya, kami ingin bangun satu lokasi agar terintegrasi,” katanya.

Menurut Alex, rencana ini sebenarnya sudah dibahas, tapi perlu dimatangkan. Sebab kantor Pemprov Sumsel sekarang adalah cagar budaya karena usianya 50 tahun sehingga harus dipertahankan. Sementara di kawasan Musi II ada lahan cukup luas milik Pemprov Sumsel. ”Prosesnya belum pasti. Bisa jadi sebelum atau sesudah Asian Games,” bebernya.

Terkait dana pembangunan, Alex memastikan tidak akan menggunakan APBD. Karena akan didanai investor. Rencananya, bangunan tersebut akan memiliki 25 lantai. Alasannya pembangunan apartemen di Jakabaring bisa mencapai 23 lantai. ”Semua SKPD nanti ada disana. Di gedung pemerintahan baru ini juga akan ada ruang diklat, lengkap dengan fasilitas olahraga dan sebagainya,” jelasnya.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sumsel Laonma PL Tobing menambahkan, lahan yang akan digunakan untuk kompleks perkantoran tersebut berada di Musi II, tepatnya bekas pembangunan rumah murah. Rencananya total luas lahan yang digunakan 44 hektar. ”Sebenarnya lahan milik pemprov di kawasan itu 92 hektar. namun sebagian sudah dihibahkan untuk Kementerian Kelautan dan Perairan, BMKG dan sebagainya,” urainya seraya menambahkan,saat ini Pemprov Sumsel memiliki 47 SKPD, baik dinas, biro dan badan.

Namun, rencana tersebut terancam tidak bisa dilaksanakan. Pasalnya, berdasarkan Pemedagri No. 19 Tahun 2016 Pasal 381 ayat 2 tentang Pedoman Pengelolahan Barang Miliki Daerah disebutkan, ruilslag atau tukar menukar tersebut, pemprov harus mendapatkan lahan dan bangunan. Sedangkan, lahan tersebut milik pemprov. ”Karena-nya tidak bisa. Untuk itu, Pak gubernur minta agar dikaji ulang agar pembangunan tersebut tidak melanggar hukum. Waktu yang diberikan satu minggu,” jelasnya. (yun)

Published in NASIONAL
Rabu, 08 Maret 2017 05:47

Tujuan Bagus,Tak Pakai APBD

PALEMBANG – Nada sumbang terkait rencana keberangkatan 37 kepala SMA dan SMK se-Sumsel ke tiga negara di Eropa 10-19 Maret nanti ditanggapi bijak Gubernur Sumsel H Alex Noerdin. Pelopor sekolah gratis itu bahkan berpendapat kerja sama pendidikan yang jadi tujuan keberangkatan itu sebuah target yang bagus.


“Kalau saya lihat (rencana) itu bagus. Upaya menjalin kerja sama sistem pendidikan dengan negara di Eropa,” ucapnya. Nantinya, para guru dari Sumsel akan di-training di Eropa dan ahli dari sana ditempatkan di Sumsel.

“Jadi tolong dilihat secara jernih. Lagi pula pakai uang pribadi. Kalau gunakan APBD, ya salah,” bebernya. Ia menilai, rencana keberangkatan para kepala sekolah (kepsek) dengan belum dibayarkannya gaji guru harus dipisahkan persoalannya.

“Kunjungan ke Eropa soal lain, masalah gaji persoalan lain,” tegas Alex. Lagi pula, dia sudah mendengar kalau rencana berangkat para kepsek itu sudah lama dan menggunakan dana pribadi. Dengan begitu, tidak ada kaitan dengan belum cairnya gaji guru.
Menurut Gubernur, belum terbayarkannya gaji guru dan tenaga pendidik honorer bukan suatu kesengajaan. Ada sekitar 9.500 guru yang pindah jadi pegawai provinsi. Bisa dibayangkan kerumitan administrasinya.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel, Drs Widodo MPd menegaskan, ke-37 kepala SMA dan SMK berangkat dengan uang pribadi. Tujuannya Prancis, Swiss dan Jerman. “Mereka pakai uang sertifikasi yang didapat, bukan pakai APBD atau dana sekolah maupun uang BOS. Jadi tidak betul akan ganggu gaji para guru,” tegasnya.

Katanya, semua guru yang lulus program sertifikasi mendapatkan tunjangan (sertifikasi), selain gaji bulanan. Nah, tunjangan itu besarnya sama dengan gaji. Uang sertifikasi itulah yang disisihkan para kepala sekolah sejak lama untuk mewujudkan keberangkatan ke Eropa ini.

Ia mengingatkan lagi, pemberian tunjangan sertifikasi memang bukan melulu untuk konsumtif. Tunjangan itu diberikan agar para guru meningkatkan kapasitas dan kualitas pribadinya melalui seminar, penelitian, membeli buku, sekolah lagi dan lain sebagainya.

Dituturkannya, pada Desember 2016 lalu, para kepala SMA dan SMK yang tergabung dalam MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) punya program kunjungan itu. “Dalam ngobrol-ngobrol itu lalu saya sarankan, jangan hanya sekadar kunjungan, Tapi harus bisa terjalin kerja sama yang diwujudkan dalam teken MoU,” tandas Widodo.

Direalisasikan sejak 2009 se-Sumsel, program sekolah gratis sudah merata dengan segala kekurangannya. Yang jadi tujuan utama saat ini, meningkatkan mutu pendidikan Sumsel. Itulah yang jadi target akhir dari keberangkatan ke Eropa.
Mutu tersebut terkait kualitas guru, sarana dan prasarana, sistem pembelajaran dan kurikulum. “Cara pintasnya, saya pikir melalui bermitra dengan sekolah unggul di luar negeri,” imbuhnya. Sistem ini sudah diterapkan SMAN Sumsel.

“Bermitra dengan sekolah di Melbourne (Australia) dan Iowa (AS), bisa dilihat kualitas sekolah ini,” tandas Widodo. Nah, Disdik Sumsel ingin semua SMA dan SMK di Sumsel bisa menyamai kualitas itu, bahkan lebih baik.

Ia yakin, sepulang dari kunjungan itu, dalam tiga bulan hingga Juni nanti, akan mulai terlihat hasil dari melancong ketiga negara itu. “Ini memang jalan-jalan, tapi punya misi dan target hasil yang jelas,” ujarnya. Hasil maksimal dari penerapan kerja sama itu akan membuahkan hasil dalam 3-5 tahun ke depan.

Akan diupayakan, kerja sama yang terjalin dengan Organisation For Economic Cooperation And Development (OECD) dalam bentuk pertukaran guru dan siswa. Misal, ada guru dari Sumsel yang tinggal untuk sementara waktu di Eropa. Lalu, guru dari negara-negara itu tinggal di Sumsel. “Arahnya akan kita coba seperti itu. Untuk kendala bahasa, tidak masalah. Akan belajar dengan sendirinya,” beber Widodo menyakini banyak manfaat dari program kerja sama itu.

Dalam kunjungan ini, para kepala SMA dan SMK asal Sumsel akan paparan di sekolah-sekolah ketiga negara yang dikunjungi. Selain profil diri, juga memaparkan profil sekolah masing-masing. “Saat ini, semua kepsek sudah siap demi meningkatkan kualitas diri dan sekolah yang mereka pimpin,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua MKKS SMA Sumsel, Nasrul Bani menyebutkan rencana keberangkatan ini sudah sejak lama direncanakan dan tidak mengunakam dana sekolah. “Ini dana pribadi dan sudah menjadi program MKKS untuk kebaikan SMA/SMK di Sumsel,” pungkasnya. (nni/tha/ce1)

Published in PENDIDIKAN

PALEMBANG - Untuk memberikan kenyamanan dan sensasi kesejukan saat tidur. Serta USA meluncurkan koleksi matras dengan teknologi dan fitur terbarunya dalam iPedicTM Collection.

Koleksi ini telah di desain dan dirancang sebagai cocok mattress yang dapat memberikan kenyamanan dan sensasi kesejukan dalam setiap pengalaman beristirahat.
“Kami meluncurkan iPedicTM Collection yang telah dirancang sedemikian rupa dengan teknologi dan fitur terbaru , untuk memberikan tidur yang maksimal,” beber Hendra Andriasyah, regional manager PT DAP.

Dengan produk tersebut, pihaknya percaya dapat memberikan konsumen pilihan untuk kebutuhan matras. Dimana matras ini terfokus pada kebutuhan dan kenyamanan yang diinginkan untuk pengalaman tidur. “Fitur kenyamanan utama di iPedicTM Collection antara lain teknologi adaptiveTM Dynamic Cooling System yang terdapat di dalam kain premium Viscose Knit,” katanya .

Selain itu, lanjutnya menjaga permukaan matras iPedicTM Collection tetap dingin, sejuk dan nyaman sepanjang malam. “Memiliki fitur lapisan memory foam dan lapisan lateks berkualitas tinggi akan lebih memanjakan tubuh dan memberikan pengalaman beristirahat yang nyaman,” ungkapnya.

Semua tipe produk matras di Serta USA iPedicTM Collection telah dilengkapi dengan fitur topangan teknologi terkini dengan 7 zones pocket spring system. Dimana setiap pegas disusun secara proporsional ke dalam tujuh zona yang mengikuti pola tubuh alami.

“Dengan tingkat kerapatan yang ketat, setiap pegas dapat menopang massa tubuh dengan lebih baik dan akan menjaga tulang belakang untuk tetap berada pada posisi alaminya,” terangnya.

Masih dikatakan Hendra, produk matras Serta USA iPedicTM Collection memiliki lima tipe desain matras yang disesuaikan dengan berbagai macam kebutuhan tingkat kenyamanan. “iProminenceTM, iBreezeTM, iSplendorTM, iBalanceTM dan iPostureTM,” katanya. (wly/ce1)

Published in HEADNEWS
Rabu, 08 Maret 2017 05:40

Bundling, Perkuat Layanan Digital

PALEMBANG - Kebutuhan produk layanan digital kian tinggi saat ini. Untuk mengakomodasi hal tersebut, Samsung dan Telkomsel lakukan kerjasama eksklusif. Caranya dengan memberikan bundling Samsung Galaxy A (2017). Paket yang sudah dilengkapi dengan layanan data 4G LTE dan beragam layanan digital istimewa dari Telkomsel ini tersedia dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp4 jutaan.

Vice President Prepaid Marketing Telkomsel, Onang Prihadi, mengatakan, lewat paket ini pelanggan dapat menikmati berbagai layanan, mulai dari internet cepat dan stabil 4G LTE, video digital, sampai dengan keuangan digital Telkomsel pada perangkat premium dari Samsung.

Head of Product Marketing IT & Mobile Samsung Electronis Indonesia, Denny Galant, mengatakan, inovasi yang terus menerus Samsung lakukan tentunya untuk memberikan kepuasan konsumen Indonesia. Dan bukan hanya fitur-fitur yang semakin terdepan, desain yang semakin elegan Samsung juga ingin menjawab kebutuhan konsumen dalam pengalaman digital.

“Salah satunya dengan bentuk kerja sama kami dengan Telkomsel kali ini bersama Galalaxy A (2017). Dengan kerjasama ini Samsung ingin konsumen mendapatkan pengalaman smartphone terdepan serta layanan internet terbaik dengan konten beragam untuk gaya hidup digital yang tak terbatas,” kata dia.

Paket bundling Samsung Galaxy A (2017) untuk pelanggan prabayar sudah termasuk pilihan kartu perdana simPATI, Kartu As, atau LOOP yang dilengkapi paket data TAU 4G dengan kuota sebesar 14 GB per bulan dengan harga mulai dari Rp49.000 dengan opsi hingga 12 kali aktivasi. Di dalamnya juga tersedia paket langganan VideoMAX gratis sampai dengan 12 bulan berupa konten video on demand dari HOOQ dan Viu.

Samsung Galaxy A (2017) tersedia dalam tiga seri, yaitu Galaxy A7, Galaxy A5, dan Galaxy A3. Perangkat ini merupakan smartphone dengan desain premium yang sleek dan memiliki empat pilihan warna berbeda yaitu Black Sky, Gold Sand, Blue Mist dan Peach Cloud. Dibandingkan dengan seri sebelumnya, Galaxy A (2017) menghadirkan kamera depan dan belakang yang memiliki resolusi 16MP dengan bukaan f1.9, sehingga dapat menghasilkan swa foto ataupun regular foto yang berkualitas bahkan dalam keadaan minim cahaya. (rip/ce1)

Published in HEADNEWS
Rabu, 08 Maret 2017 04:38

Fokus Garap Distributor Chain

PALEMBANG – Persaingan bisnis perbankan makin kompetitif. Hal itu mengharuskan bank memiliki target market tersendiri. Bank Maspion salah satunya yang lebih fokus untuk mengarap di sektor community dan distributor chain.


Pimpinan Bisnis Area Bank Maspion, Maharani, mengatakan, sebagai salah satu bank yang telah ada sejak 1989, Bank Maspion lebih memfokuskan diri ke sektor kredit besar. “Bidikannya memang dalam skala besar dengan menggarap market seperti ini,” terangnya saat ditemui di bank yang berlokasi di Jl. Veteran ini, kemarin (7/3).

Rani menjelaskan, fokus bisnis plan, tabungan atau pembiyaan community ini, yaitu sekolah, rumah sakit, perusahaan atau instansi. “Di sektor yang kami fokuskan ini, masing-masing ada keuntungan tersendiri, seperti community diberikan fasilitas perbankan,yakni internet banking, virtual account, payroll, pemberian kredit ke staf sekolah, RS, ataupun perusahaan hingga ke pemberian CSR untuk yang bekerja sama,” jelasnya.

Sedangkan di sektor distributor chain, lebih ke pembiayaan yang khusus ditawarkan ke nasabah atau calon debitur yang bergerak di bidang distributor dengan fokus tujuan ke membiayai piutang dagang dan stok barang.

“Dalam pembiyaan di sektor ini kami tidak hanya ke distributor, tapi hingga ke rantai di bawahnya, seperti pemberian modal kerja/investasi ke agen atau toko yang berada di jalur distributor utama, rate khusus serta termasuk penggunaan transaksi perbankan lainnya.

Didukung dengan jaringan yang cukup luas, bank satu ini juga siap memberikan pelayanan prima bagi nasabahnya. Dimana sesuai dengan transformasinya, bank ini terus mengembangkan diri, sehingga memiliki 51 jaringan kantor, 1 kantor pusat, 10 kantor cabang, 30 kantor cabang pembantu, 9 kantor kas, 1 kantor fungsional yang tersebar di beberapa kota besar serta total pegawai kurang lebih 734 karyawan.

“Untuk kemudahan transaksi, kami juga memiliki 54 ATM yang termasuk dalam jaringan Prima, sehingga dapat melakukan transaksi di 79 ribu ATM berlogo Prima begitupun dengan berbelanja di ribuan merchant yang berlogo ini,” pungkasnya.(cj10/ce1)

Published in HEADNEWS
Rabu, 08 Maret 2017 03:35

Garuda Tambah 48 Flight ke Australia

JAKARTA – Garuda Indonesia menyiapkan penerbangan tambahan untuk menyambut musim liburan Mei–Oktober 2017. Setidaknya, ada sekitar 48 penerbangan baru ke berbagai tujuan.

Dirut Garuda Indonesia M. Arif Wibowo menyatakan, penambahan frekuensi penerbangan diperuntukkan bagi rute Jakarta–Australia dan Bali–Australia. Frekuensi penerbangan rute Jakarta–Australia ditambah dari 4 kali menjadi 5 kali penerbangan tiap minggu, sedangkan Bali–Australia dari 6 kali menjadi 7 kali penerbangan per minggu.

Saat ini, Garuda Indonesia melayani enam rute dari Jakarta dan Denpasar di tiga kota di Australia, yakni Sydney, Melbourne, dan Perth. ’’Penambahan akan disesuaikan dengan demand market pada periode musim liburan tersebut,’’ jelas Arif kemarin (7/3).

Penambahan itu mengakomodasi pertumbuhan penumpang dari Indonesia ke Australia yang meningkat 17 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2015. Total, ada 644.237 ribu penumpang. ’’Tahun ini diharapkan mencapai 650 ribu penumpang,’’ katanya.

Menteri Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi Australia Steven Ciobo mengungkapkan, pihaknya memproyeksikan pendapatan USD 1 miliar dari kunjungan wisatawan Indonesia ke Australia pada 2020. Turis asal Indonesia berada di posisi ke-12 dengan total 174.400 kedatangan. Pada periode September lalu, wisatawan Indonesia membelanjakan USD 0.7 miliar di Australia. (mia/c23/noe)

Published in EKONOMI

PALEMBANG – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Palembang, menutup sementara operasional usaha Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dan Air Minum Isi Ulang (AMIU) SSS, di Jl Basuki Rahmat, Palembang, kemarin (7/3). Alasannya, tidak memiliki izin edar karena sudah berakhir 2016 lalu.

Razia yang dipimpin Plh Kepala BBPOM Palembang, Devi Lidiarti Apt itu berlangsung alot. Mendapat perlawanan dan adu argumentasi dari pemilik usaha AMDK dan AMIU SSS, Sutiyono SH. Kata Sutiyono dokumen mereka lengkap, izin perpanjangan edar sudah diurusnya ke BBPOM Palembang sejak September 2016.

Namun hingga kini, belum juga selesai. Barang produksinya bukan barang ilegal, disimpan di gudang karena menunggu perpanjangan izin dari BBPOM. “Harusnya introspeksi dulu sebelum sidak, kok perpanjangan yang saya urus belum selesai. Kami sudah setor ke kas Negara, kenapa masih juga ditindak,” ucap Sutiyono, yang juga pengacara tersebut.

Dia curiga, penyegelan dan penyitaan ini berbau persaingan bisnis. Ada pesanan dari competitor sesama perusahaan yang memproduksi AMKD dan AMIU. “Tadi salah seorang pegawai saya dengar, ada petugas yang bilang ini atas instruksi dari salah satu perusahaan sejenis. Masa’ lembaga pemerintah kok mau-maunya disuruh-suruh buat menghancurkan usaha kami ini,” cetus Sutiyono, seraya mengaku bakal melaporkan tindakan penyitaan ke polisi.

Petugas BBPOM yang dibackup Ditresnarkoba Polda Sumsel dan Satpol-PP Kota Palembang, sempat alot negosiasi. Akhirnya disepati yang dibawa sampelnya hanya 50 dus, masing-masing merek Long SSS (cup), Topone (330 ml), Long (1.500 ml), SSS (600 ml). “Izin edar yang didaftarkan merek triple SSS ke BBPOM, sudah habi bulan Oktober 2016 lalu,” terang Plh Kepala BBPOM Palembang, Devi Lidiarti Apt.

Karena itu, melanggar Pasal 142 UU No.18/2012 tentang Pangan. Soal penyegelan dan penyitaan diduga bermotif persaingan bisnis pesanan dari perusahaan sejenis, Devi memilih no comment. “Terserah apa yang mau dikatakan (oleh Sutiyono,red) yang pasti kami hanya menjalankan sesuai prosedur. Mereka kami perintahkan untuk tidak beroperasi, selagi izin edarnya belum keluar. Termasuk upaya hukum yang bakal dilakukan,” ucapnya. (kms/air)

Published in HEADNEWS
Rabu, 08 Maret 2017 01:28

Oknum Polisi Dituntut 14 Tahun

PALEMBANG – Sidang kasus dugaan kepemilikan narkoba 1 kg sabu-sabu (SS) yang menjerat Mardiansyah, memasuki tahap penuntutan, kemarin (7/3). Jaksa penuntut umum (JPU) menuntut oknum polisi tersebut dengan pidana penjara selama 14 tahun.

“Berdasarkan fakta persidangan, terdakwa terbukti melanggar Pasal 114 ayat 2 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika,” ujar JPU Rini, di Pengadilan Negeri Klas I A Khusus Palembang. Menurutnya, perbuatan terdakwa cukup mencoreng wajah kepolisian Indonesia yang sedang giat memberantas peredaran narkoba.

Selain tuntutan 14 tahun penjara, juga denda Rp1 miliar subsider enam bulan kurungan. Dikurangi selama terdakwa menjalani masa penahanan. Selama proses pembacaan tuntutan, terdakwa Mardiansyah hanya diam menyimak. “Sidang dilanjutkan pekan depan dengan agenda pembelaan,” tutup Ketua Majelis Hakim Wisnu Wicaksono.

Dalam sidang sebelumnya, 28 Februari lalu, terdakwa Mardiansyah sempat curhat di ruang persidangan dengan agenda mendengarkan keterangan terdakwa. Dibeberkannya, hampir di setiap kecamatan di Palembang, ada bandar narkobanya dan diduga dibekingi oknum aparat. Saat ditangkap, dia menjabat kepala Tim Khusus Satres Narkoba Polresta Palembang.
“Saya mohon maaf sudah khilaf, saya juga merasa dizalimi,” tuturnya.(way/air/ce2)

Published in BERITA UTAMA

KAYUAGUNG – Jalan lintas timur (Jalintim) yang menghubungkan Kabupaten Mesuji, Lampung, dengan Kabupaten OKI, Sumsel, sempat tiga hari macet. Itu disebabkan kerusakan jembatan Jembatan Way Tulung Gunung II, di kawasan register 45, Km 178-179, Desa Way Tulung Gunung, Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji, Lampung.

Kemarin (7/3), kerusakan tersebut mulai diperbaiki darurat ditampal pakai pelat besi. “’Ya, kita perbaiki secara darurat dengan memasang pelat baja dulu. Sebab, pihak Pemkab Mesuji meminta kita memperbaiki untuk mengurai kemacetan. Selain itu, perawatan jembatan ini, memang diserahkan Pemkab kepada kita,” aku Mirza, dari PT Mayang Sari, kontraktor lokal Kabupaten Mesuji, ditemui Sumatera Ekspres, di lokasi, kemarin (7/3).

Menurut Mirza, kerusakan jembatan tersebut sebenarnya sudah terjadi sejak dua bulan lalu. Namun, saat itu, lubang jembatan masih kecil. Sejak tiga hari terakhir, lubang jembatan membesar, hingga menyebabkan kemacetan 5-10 kilometer.

Kapolres Mesuji AKBP Purwanto Puji Sutan SIk, melalui Kasatlantas AKP Reza Khomeini SIk, mengatakan sebenarnya jembatan tersebut sempat diperbaiki, namun tergerus air hujan. Lubang pada lantai jembatan pun membesar hingga sulit dilalui kendaraan besar. Kemacetan panjang pun akhirnya terjadi pada Senin (6/3) malam. “Kemacetan bertambah, ada truk patah as di depan jembatan, serta ada mobil minibus yang tak bisa distarter saat melintas di tengah jembatan,” tukasnya.

Untuk mengurangi kemacetan lainnya, pihaknya mengalihkan kendaraan dari Terbanggi Besar, Lampung Tengah, agar melintas melalui Jalan Lintas Tengah (Jalinteng), yang tembus ke Kabupaten OKU, Sumsel. “Kami sudah
berkoordinasi lintas Polda, yakni Polda Lampung dan Polda Sumsel, terkait kemacetan tersebut,” paparnya.

Kasat Lantas Polres OKI, AKP Polin Pakpahan, menambahkan pengalihan arus mulai dari Inderalaya menuju jalinteng. Kalau dari OKI memang bisa terjebak kalau sudah sampai di Mesuji Lampung. “Untuk itu dialihkan lewat Inderalaya menuju Prabumulih," ucapnya.

Senada Kasat Lantas Polres OI AKP M Sadeli, mengatakan pihaknya sudah memasang pengumuman di simpang km 32. “Agar para pengemudi yang akan melanjut kanperjalanannya menuju Lampung sebaiknya melalui Jalur Lintas Tengah,” imbuhnya.
Selain itu, memberitahukan kepada tempat –tempa rumah makan yang sering disinggahi para sopir untuk makan dan istirahat. Termasuk SPBU untuk menyampaikan kepada sopir untuk tidak melanjutkan perjalanannya ke Lampung melalui Jalintim. (gti/sid/air)

Published in SUMSEL
Halaman 1 dari 7

Get in touch

Harian Pagi Sumatera Ekspres 
Terbesar Disumatera Selatan
Gedung Graha Pena Jl. Kol H Burlian
No.773 KM.6,5 Palembang 30152
Telp : 0711 - 411768
Fax : 0711 - 420066

      

Terpopuler

Suara Pembaca