Items filtered by date: Jumat, 03 Maret 2017
Sabtu, 04 Maret 2017 05:02

Bupati ini Senam di Kampung Halamannya

KAYUAGUNG - Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), H Iskandar SE bersama Ketua TP PKK, Lindasari Iskandar SE menyempatkan diri senam bersama siswa SMP Negeri 1 Jejawi dan masyarakat setempat, Jumat (3/3). Meski cuaca mendung, namun hal tersebut tak membuat semangat Iskandar untuk senam bersama ratusan siswa lainnya.

Usai senam, Iskandar mengungkapkan, rasa senangnya bisa berkumpul dan berolahraga bersama masyarakat dan siswa yang hadir pada kesempatan tersebut. "Sebelumnya saya ingin menyampaikan permintaan maaf saya kepada para masyarakat yang karena kesibukan acara kedinasan jarang berkesempatan langsung bertatap muka dengan masyarakat dan anak-anakku sekalian. Namun, meskipun jarang langsung bertatap muka, akan selalu ada yang lain sebagai penyambung atau yang mewakili dari kami," ucapnya.

Iskandar berharap upaya untuk merajut kebersamaan seperti yang dilakukan saat itu dapat menjadi wujud kebersamaan, persaudaraan. "Kekeluargaan ini tidak boleh dihentikan. Oleh karena itu kita mengharapkan rasa kekeluargaan ini akan tetap dijaga oleh Allah SWT," harapnya. (gti)

Published in HEADNEWS

MUARA ENIM - Gara-gara sang pacar menolak untuk dinikahi, Tabi'in (31), warga Panang Jaya, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim berusaha melakukan aksi bunuh diri. Tabi'in  berupaya bunuh diri melompat dari Jembatan Sungai Lengi, Dusun 8, Desa Gunung Megang Dalam, Muara Enim, Jumat (3/3) pukul 16.00 WIB.

Untung saja, saat sudah di atas jembatan dan siap melompat, warga sekitar segera menghentikan aksi Tabi'in. Tabi'in merupakan warga Desa Pakuan Sp V, Kecamatan Geri Besar, Kabupaten Waykanan Lampung, yang saat ini tinggal di Desa Panang Jaya Kecamatan Gunung Megang, Muara Enim karena ikut saudara kandungnya.

Penyebab terjadi percobaan bunuh diri tersebut yaitu karena sang pacar, Ami, warga Desa Gunung Megang menolak ajakan pelaku untuk menikahinya. Tabi'in mengaku dirinya patah hati setelah mendengar jawaban sang pacar menolak untuk dinikahinya. Padahal dia sudah berjuang untuk menikahi Ami. Bahkan dia rela tinggal di rumah saudara perempuannya di Desa Panang Jaya, Muara Enim supaya lebih mendekatkan diri pada sang pacar.

"Saya mau mengajak dia menikah dalam waktu dekat ini. Saya sudah lama jadian dengan dia. Tapi waktu saya utarakan maksud, dia menolak untuk diajak nikah, karena dia belum siap," ujar Tabi'in.

Kapolres Muara Enim AKBP Hendra Gunawan SIK MSi melalui Kapolsek Gunung Megang AKP Biladi Ostin menyatakan, saat ini pelaku sudah di amankan di Polsek Gunung Megang.

"Kondisi pelaku pada saat ini dalam keadaan sehat, dan untuk sementara kita amankan supaya tidak melakukan aksi bunuh diri,"ujar Biladi. (roz)

Published in DOR!
Sabtu, 04 Maret 2017 02:45

Didominasi TKA Asal Tiongkok

MUARA BELITI - Tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok mendominasi bekerja di Kabupaten Musi Rawas (Mura). Hal ini ditegaskan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Mura, H Burlian, Jumat (3/3).

"Saat ini TKA yang sudah terdata di 2017 di wilayah Kabupaten Mura ada 9 orang, dan tiga orang lagi masih melengkapi berkas. Tapi diantara TKA ini, paling didominasi pekerja asal tiongkok," kata Burlian.

Menurutnya, ada beberapa TKA asal kewarganegaraan yang cukup berbeda ikut bekerja di perusahaan perkebunan maupun penambangan di Kabupaten Mura, seperti pekerja asal Korea, Taiwan serta malaysia. Sejumlah pekerja asing yang datang ke wilayah Kabupaten Mura dianggap cukup membantu pihak perusahaan, bahkan para TKA tersebut hanya menempati posisi khusus saja. Untuk sektor pengawasan, Disnaker Mura, melakukan koordinasi dengan Disnaker Sumsel.

"Kalau kita Disnaker daerah hanya ikut mendata saja, tapi soal pengawasan itu langsung dilakukan oleh pihak provinsi. Provinsi sudah memiliki KUPT tersendiri untuk melakukan pengawasan di daerah," ujarnya. (cj13)

Published in INTERNASIONAL
Sabtu, 04 Maret 2017 01:06

Wako ini Minta Atur Jam Masuk Truk

LUBUKLINGGAU - Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe meminta Dinas Perhubungan (Dishub) untuk mengatur jam masuk mobil-mobil truk ke dalam wilayah kota Lubuklinggau.

Itu dikatakan orang nomor satu di Bumi Sebiduk Semare guna mengantisipasi kepadatan lalu lintas di dalam kota di jam tertentu. Cara lain Pemkot mengatasi kepadatan kendaraan tersebut yakni akan melebarkan jalan lingkar selatan dan utara sebagai alternatif perlintasan.

"Karena anggaran kita terbatas, kurang kemarin, jadi yang kita minta adalah untuk Dishub mengatur jam mobil-mobil truk yang masuk ke dalam wilayah kota," kata Nanan, panggilan.

Dirinya meminta agar sekitar pukul 20.00 WIB kendaraan tertentu baru boleh melintas di dalam kota. "Mungkin kita minta jam delapan malam, baru mobil itu boleh melintas di dalam kota," ungkapnya. (wek)

Published in SUMSEL
Jumat, 03 Maret 2017 23:30

Ini Produksi Sampah Kabupaten Lahat

LAHAT - Produksi sampah Lahat 150.372 kg atau setara 150 ton per hari. Sampah ini produksi 187.966, rumah tangga. "Ini total sampah Lahat," ujar Bupati Lahat H Aswari Riva'i SE.

Sampah ini diangkut armada angkutan sampah sebanyak 16 unit. Nah, untuk membantu hal ini pihaknya rutin menggelar aksi peduli sampah. Setidaknya ini mengurangi produksi sampah rumah tangga dengan mensukseskan gerakan tiga jari kelola sampah yakni, pilah, kompos dan daur ulang menuju Indonesia Bersih sampah 2020.

"Disinilah dibutuhkan kesadaran kepada masyarakat tentang tanggung jawab terhadap pengelolaan sampah," ujarnya.

Selain, sebagai upaya pengurangan jumlah yang dihasilkan dalam rumah tangga. Aksi ini dibagi menjadi lima kelompok. Kelompok pertama mengambil rute, depan stasiun-Masjid Agung-PTM-Simpang 4 Pasar Kangkungan, lalu, kelompok 2, depan Stasiun-Jalan Isau-isau-Simpang 4 Pasar Kangkungan. (irw)

Published in NEWS UPDATE
Jumat, 03 Maret 2017 23:20

Sarimuda Kembali Nyalon

PALEMBANG - Usai deklarasi Harnojoyo siap maju kembali di Pilkada Palembang 2018, pada Minggu pekan lalu, kini salah satu tokoh masyarakat Palembang yang juga pesaing politiknya, Sarimuda juga tengah bersiap. Rencananya, pada April mendatang, Sarimuda akan menggelar deklarasi pencalonan dirinya untuk merebut kembali posisi yang lepas dari genggaman.

"Kemarin kita dizholimi. Sekarang, mengamati dukungan yang ada, kami siap untuk merebut kembali," kata Sarimuda, Jumat (3/3). Ia mengungkapkan jika posisinya ke depan bukan untuk bertarung dalam Pilkada, melainkan merebut apa yang memang telah menjadi haknya.

Ia merasa telah dizalimi akibat praktik-praktik kecurangan yang ada di lapangan saat proses pemilihan. Terlebih, pembangunan Kota Palembang saat ini menurutnya, berlangsung stagnan. "Apa yang dilakukan pemerintah saat ini bisa dilihat, sehingga itulah yang akan kami perbaiki. Mulai dari infrastruktur, kesejahteraan masyarakat, dan hal yang memang dibutuhkan oleh warga Palembang," jelasnya. (aja)

Baca Sumatera Ekspres Sabtu (4/3)

Published in PILKADA

JAKARTA - Supandi Kusuma tidak keberatan jika dipilih kembali menjadi Ketum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) 2017-2021 pada Musyawarah Nasional (Munas) Mei nanti. Sekalipun dia sudah menjabat posisi yang sama selama tiga periode berturut-turut. Supandi jadi orang nomor satu di PB WI sejak kepengurusan periode 2005-2009, kemudian berlanjut 2009-2013 dan kepengurusan periode saat ini 2013-2017.

"Saya berharap muncul calon pemimpin baru. Namun, saya sendiri tidak menolak jika saya kembali dipilih oleh floor dalam Munas nanti," terang Supandi kepada wartawan usai menghadiri pertemuan antara Menpora Imam Nahrawi dengan pengurus cabor di Wisma Karsa Pemuda Senayan, Jakarta, Jumat (3/3).

Supandi menjelaskan, seandainya terpilih kembali akan berikan peran sentral bagi mantan atlet wushu. Mereka akan didapuk menjadi pengurus PB WI. Ini akan jadi warna baru dalam kepengurusan PB WI ke depannya.

Terkait polemik di internal PB WI, Supandi secara terang-terang sedang perang dingin dengan sekjen PB WI Iwan Kwok. Kini komunikasinya dengan kakak kandung atlet wushu dunia, Lindswell Kwok terputus karena sudah tidak sepaham. Kondisi ini disesalkannya karena Iwan termasuk orang kepercayaannya yang dibesarkan di PB WI. Kini, tugas kesekjenan diambil alih Wakil Sekjen Haryanto meski nama Iwan Kwok masih tertulis di kepengurusan. (kmd)

Published in AGENDA OLAHRAGA
Jumat, 03 Maret 2017 22:45

Maskapai ini Buka Rute Intra Sumatera

PALEMBANG– Maskapai Garuda Indonesia (GA) bakal fokus lakukan penguatan jaringan dengan membuka rute-rute intra Sumatera.

General Manager GA Branch Palembang, Asa Perkasa mengatakan, konektivitas jaringan di Sumatera menjadi penting untuk memperkuat jalur transportasi antar kota di Sumatera yang dinilai memiliki potensi. GA sendiri saat ini untuk rute intra Sumatera baru ada ke beberapa kota, seperti Medan, Jambi, dan Bangka Belitung (charter).

“Rute yang kami nilai bakal dikembangkan, yakni Padang, Pekanbarucdan lainnya yang ada di Suamatera,” terang Asa usai Pembukaan Garuda Travel Fair di Palembang Icon Mal, Jumat (3/3).

Kata Asa, menjadi penting mengembangkan rute intra Sumsel, karena melihat dari beberapa faktor. Contoh saja pengembangan rute direct Palembang–Jambi yang peminatnya terbilang tinggi. “kondisi infrastruktur jalur darat yang rusak parah menjadi salah satu penyebab, tingginya permintaan rute ini, jika melalui jalur darat bisa memakanwaktu 6 sampai 8 jam dengan naik pesawat waktu lebih efisien,” tambahnya. (cj10)

Published in EKONOMI

PALEMBANG – Seiring perkembangan teknologi yang pesat, kebutuhan jaringan internet untuk komunikasi menggantikan peran serta telepon dan short massage sistem (SMS). Oleh karena itu, provider atau penyedia jasa telekomunikasi berlomba untuk menyediakan jaringan terbaik dan stabil, seperti halnya XL.

General Manager PT XL Axiata Southern Sumatera, Rudi Rahman Hidayat mengatakan, perkembangan bisnis telekomunikasi terlampau pesat, melebihi dari prediksi. Jika dulu perkiraan masa komunikasi telepon (voice) baru akan berakhir di 2020, namun pada kenyataannya
saat ini saja penggunaan voice sudah sangat minim.

“Di kami, revenue pelanggan banyak disumbangsih dari data, apalagi untuk perkotaan. Palembang contohnya 90 persen merupakan pengguna data dan hanya 8 persen voice dan 2 persen SMS,” terangnya bersama tim saat berkunjung ke Graha Pena (Kantor Sumeks Grup), Jumat (3/3).

Rudi mengungkapkan, kondisi saat ini tidak di pungkiri tuntunan perkembangan zaman, sehingga mau tidak mau plan bisnis pun harus banyak diarahkan ke digital. Saat ini fokus XL ke peningkatan jaringan dengan banyak berinvestasi di jaringan U900 untuk 3G dan perluasaaan jaringan 4G dengan fokuske kota, seperti Palembang, Lampung dan Babel, serta di kabupaten kota, yakni Banyuasin dalam tahun ini.

“Big plan bisnis kami lebih digital service,” ujarnya. (cj10)

Published in HEADNEWS

KAYUAGUNG - Badan Pertanahan Nasional Ogan Komering ilir (OKI) bakal mendaftarkan 5.200 bidang tanah di Bumi Bende Seguguk. Hal ini diungkapkan Kapala BPN OKI, Edison.

Dikatakanya, target 7.500 bidang tanah tersebut sesuai program reformasi agraria dalam upaya untuk mendaftarkan seluruh tanah di Indonesia hingga 25 tahun ke depan. Secara nasional, tahun ini, 5 juta bidang tanah, tahun 2018 sebanyak 7 juta bidang, dan tahun 2019, 9 juta bidang tanah terdaftar. Dari 7.500 bidang itu, dirincikannya bahwa dari program prona sebanyak 2.300 bidang dan dari program pendafataran tanah sistematika lengkap (PTSL) sebanyak 5.200 bidang.

Hingga dua bulan ini, untuk PTSL sudah 500 bidang terukur. Sementara untuk prona sudah 700 bidang.Dengan terdaftarnya tanah-tanah, dinilai memberikan banyak manfaat, di antaranya mencegah sengekat dan pencaplokan tanah.

"Kalau sistematik dilakukan seluruh desa sudah terukur dengan begitu paling tidak sengekat batas tanah mengurangi kepemilikan tanah yang dicaplok orang lain, nah ini program kita sudah mulai berjalan," kata Edison. (gti)

Published in NEWS UPDATE
Halaman 1 dari 6

Get in touch

Harian Pagi Sumatera Ekspres 
Terbesar Disumatera Selatan
Gedung Graha Pena Jl. Kol H Burlian
No.773 KM.6,5 Palembang 30152
Telp : 0711 - 411768
Fax : 0711 - 420066

      

Terpopuler

Suara Pembaca