Items filtered by date: Jumat, 17 Maret 2017

JAKARTA - Dukungan keluarga Cendana terhadap pasangan cagub dan cawagub DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga S Uno dinilai Direktur Lingkar Madani (LIMA) Ray Rangkuti tidak terlalu memberikan keuntungan signifikan bagi pasangan calon kepala daerah tersebut. 

Dukungan kepada Anies-Sandi diberikan oleh Siti Hediati Hariyadi alias Titiek Soeharto. Ray justru menilai sebaliknya, keuntungan akan lebih banyak didapat oleh keluarga Cendana.

"Kalau ada koalisi Anies dengan Mbak Titiek, sebetulnya lebih menguntungkan pihak Cendana dibandingkan pihak Anies," kata Ray di Rumah Cemara, Menteng, Jakarta, Jumat (17/3).

Menurut Ray, keuntungan yang didapat keluarga Cendana adalah bisa meredam kritik publik mengenai masa orde baru. ‎Sebelumnya, dia menambahkan, orang-orang menanyakan mengenai kejahatan politik selama 32 tahun, namun sekarang tidak lagi.

‎Ray menjelaskan, keuntungan yang didapat Anies-Sandi adalah dukungan dari tokoh elit. Hanya saja dari segi elektoral, jumlahnya tidak terlalu besar, karena Titiek dan Tommy Soeharto tidak memiliki konstituen di Jakarta.

"Tommy enggak ada partai atau organisasi yang mumpuni. Kalau Mbak Titiek dapilnya Solo," ucap Ray. (gil/jpnn)

Published in PILKADA

PONTIANAK - Kunjungan kerja yang dilakukan Presiden Joko Widodo ke Kalimantan Barat dilakukan dengan perjalanan darat. Jokowi sengaja merasakan buruknya ruas jalan Putussibau-Nanga Badau sepanjang 179 kilometer.

Mobil yang ditumpangi Jokowi dan sang istri Iriana Jokowi bergoyang tak keruan saat melintasi jalan yang buruk.

Kendaraan khusus yang ditumpangi Gubernur Kalbar Cornelis juga mengalami hal serupa.

Jokowi memang memilih jalan darat menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Nanga Badau.

Padahal, Jokowi sebenarnya bisa menumpangi helikopter.

Namun, dia memilih jalur darat karena ini merasakan penderitaan yang dialami masyarakat Kapuas Hulu setiap menempuh perjalanan menuju border yang berbatasan dengan Lubuk Antu, Sarawak, itu.

“Saya sudah tujuh kali datang ke Kalimantan Barat. Hari ini saya meresmikan PLBN Terpadu Nanga Badau,” ucap Jokowi dalam agenda peresmian PLBN tersebut, Kamis (16/3).
Dia menambahkan, bangunan pos lintas batas negara merupakan kebanggaan masyarakat Indonesia.

“Saya sudah bangun tiga PLBN di Kalimantan Barat. Pertama di Entikong, sekarang di Badau (Kapuas Hulu) dan Aruk (Sambas). Semuanya sudah dibangun,” ujarnya.

Menurut Jokowi, pembangunan ekonomi masyarakat di wilayah perbatasan sangat penting.

"Ekspor-impornya harus diintegrasikan," tambah pria asal Solo, Jawa Tengah itu.

Jokowi juga dengan tegas melawan aktivitas penyelundupan.

"Semuanya (barang ilegal) harus setop dan harus (keluar-masuk secara) resmi. Jadi jelas berapa pemasukan untuk negara. Kita sebagai rakyat bisa menikmati dari hasil perdagangan tadi," tukasnya.

Dia juga meminta sistem pengelolaan kawasan perbatasan yang terintegrasi dijalankan.

Hal itu penting agar kawasan di sekitar PLBN bisa dikembangkan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi.
"Di PLBN Badau sudah didukung terminal barang dan penumpang, perdagangan atau pasar modern. Supaya masyarakat bisa menikmati roda perekonomian," ucapnya. (Andreas, Deska Irnansyafara, Ocsya Ade CP)

Published in BERITA UTAMA
Jumat, 17 Maret 2017 23:40

Gotong Royong Kembali Tuai Pujian

PALEMBANG - Wali Kota Palembang H Harnojoyo kembali dapat pujian lewat program gotong royong yang digagasnya. Kali ini, setelah mengajak seluruh peserta Rakornas Bank Sampah melakukan bersih-bersih kawasan sungai di Jl Kapten Arivai, samping Gedung DPRD Sumsel, Jumat (17/3) pagi.

"Lingkungan bersih ini merupakan hak setiap warga negara. Diatur undang-undang No 39/1999 tentang Hak Asasi Manusia. Palembang, punya pemimpin yang memperhatikan lingkungannya," ujar Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 (PSLB3), Kemeneg LHK, Tuti Hendrawasih Mintarsih.

Kata Tuti, apa yang dilakukan wali kota Palembang ini sudah sepatutnya dicontoh pemimpin daerah lain. Sehingga jika semua pimpinan seperti ini maka Indonesia tidak lagi menjadi penyumbang sampah terbesar kedua di dunia. Hanya saja, dia berharap hal ini dapat dilakukan secara berkelanjutan.

Harnojoyo menyambut baik respon yang diberikan oleh Kemeneg LHK atas program yang secara konsisten telah dilakukannya sejak 2015. Sebab, dari upaya ini, selain kondisi lingkungan yang telah berubah, penghematan juga dilakukan.

"Ke depan, kita bersama akan membangun dan menjadikan gotong royong ini sebagai budaya bersama. Kita juga akan ajak pimpinan pusat untuk terlibat menggerakkan gotong royong ini," tukasnya. (rel/aja)

Published in NEWS UPDATE

MUARA ENIM - Bhabinkamtibmas Brigadir Nazir Akbar SH memiliki cara unik dalam menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada warga desa. Anggota Polres Muara Enim ini mensosialisasikan Kamtibmas saat menjelang salat Jumat berjemaah di Masjid Al Hidayah, Dusun Lais Jaya, Desa Ulak Bandung, Kecamatan Ujanmas, Jumat (17/3).

Pesan Kamtibmas yakni jauhi narkoba, jika ada informasi mengenai narkoba segera infokan ke Bhabinkamtibmas. Kegiatan Saber Pungli. Pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Selain itu jangan main hakim sendiri atau amuk masa jika terjadi lakalantas dan serahkan pada pihak berwenang," kata Nazir. Dia pun menympaikan terkait aspek kerukunan bertetangga di masyarakat.

Semenara itu, di saat polisi laki-laki (polki) menunaikan ibadah salat Jumat, peran para polisi wanita (polwan) lebih dominan. Beberapa anggota Polwan Satlantas Polres Muara Enim tampak bertugas menjaga areal masjid di dalam kota Muara Enim, Jumat (17/3).

Hal ini sebagai antisipasi tindak pidana pencurian motor (curanmor) milik jemaah.Selain itu, Polwan ini bertugas mengatur lalu lintas untuk mencegah kemacetan di sekitar jalan dekat masjid. Kehadiran polwan ini menarik perhatian jemaah yang meminta foto bersama sebelum ke masjid.

Kasat Lantas Polres Muara Enim AKP Adik Listiyono mengatakan, peran dan tugas Polwan Satlantas ini sebagai program pengamanan setiap tempat ibadah (Pasti). "Tugas Polwan mengantisipasi curanmor dan mengurai kemacetan di saat polisi laki-laki menjalankan ibadah salat Jumat," terangnya.(roz)

Published in NEWS UPDATE
Jumat, 17 Maret 2017 22:38

Datangkan Teknisi dari Korea

JAKARTA – KIA Mobil Indonesia (KMI) kembali menyelenggarakan program servis sebagai bentuk apresiasi kepada pemilik kendaraan KIA di Indonesia. Program KIA  Service Clinic On Tour 2017 berlangsung 13-25 Maret mendatang. Program yang diadakan setiap tahun ini, KIA Motors Corporation mengirimkan teknisi master dari Korea untuk membantu pelanggan setia mengatasi kendala teknis yang terjadi pada kendaraan.

“KMI selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan setianya di Indonesia dan salah satu caranya dengan mengadakan kegiatan ini setiap tahun. Dalam kegiatan ini, para pengguna KIA bisa bertemu dan berkonsultasi dengan teknisi master KIA dari Korea, sehingga dapat membantu dalam memahami kendaraan miliknya,” ujar Ari T Soeharto, General Manager Aftersales Service KMI, Jumat (17/3).

Dalam program ini, KMI juga menawarkan promo khusus untuk para pemilik KIA. Seperti gratis pengecekan, suku cadang (part tertentu), diskon oli mesin 25 persen, jasa 20 persen, suku cadang 10 persen dan hadiah suvenir dari KIA dan Total Oil Indonesia. Program ini diadakan di beberapa area di Indonesia pada waktu yang berbeda, seperti di Jaksel (13-14 Maret dan 17-18 Maret), Jakut (15-16 Maret), Bandung (20-21 Maret), Jogjakarta (22-23) dan Bali (24-25 Maret). (rei)

Published in EKONOMI
Jumat, 17 Maret 2017 22:31

Komitmen Terapkan Amanat UU

TEBING TINGGI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang telah menerapkan amanah UU No 6 Tahun 2014 untuk menganggarkan alokasi dana desa (ADD) sebesar 10 persen dari dana perimbangan.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Empat Lawang M Daud melalui Kabid Anggaran, Hendra Lezi mengatakan, tahun 2017 ini anggaran ADD mencapai Rp51 miliar. "Dana perimbangan kita Rp500 miliar, ADD dianggarkan Rp51 miliar," kata Hendra, Jumat (17/3).

Menurutnya, ADD merupakan salah satu dana yang tidak boleh dikurangi porsinya sehingga pihaknya juga bersama tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) tidak pernah mengurangi porsi. "Setiap tahun porsinya sesuai dengan UU, kita tetap komitmen," tuturnya.

Sementara ditambahkan, Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes) DPMDP3A Empat Lawang, Sobri, desa-desa memang menjadi prioritas, ADD juga akan terus naik. "Memang ADD setiap tahun sudah sesuai dengan UU," tukasnya. (eno)

Published in ASPIRASI DESA

MUARA ENIM - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr HM Rabain menjadi satu-satunya rumah sakit milik pemerintah daerah di Sumsel yang meraih penilaian Paripurna Bintang Lima. Penilaian tersebut diberikan oleh Lembaga Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Direktur RSUD Rabain dr H Suwandi Safitra SpA, mengatakan bahwa RS yang dipimpinnya merupakan RSUD pertama di Sumsel mendapat predikat penilaian sempurna untuk kategori RSUD yang berada di luar wilayah Kota Palembang. Menurutnya penilaian didapat dari hasil penilaian tim KARS yang telah melakukan survei terhadap fasilitas dan pelayanan.

"Tentunya kita sangat apresiasi hasil maksimal ini, dengan penilaian paripurna maka akan mempermudah RSUD HM Rabain ke depan menuju akreditasi tipe B+," kata Suwandi, Jumat (17/3).

Suwandi menuturkan, rencanaya pada Senin (20/3) mendatang, pihaknya akan bertolak ke Jakarta untuk menerima piagam penilaian tersebut. (roz)

 

Published in KESEHATAN

SEORANG penyidik polisi Uganda dengan pakaian tertutup dan memakai masker melakukan penyelidikan pada lokasi tewasnya juru bicara kepolisian setempat Felix Kaweesi dan dua korban lainnya, di ibukota Kampala, Uganda, Jumat (17/3). (*) REUTERS/James Akena

Published in HEADNEWS
Jumat, 17 Maret 2017 21:17

Tamu Dihibur Musik Go Kak

PALEMBANG - Selain menghadirkan band, memperingati HUT Dewi Kuan Im, Klenteng Lam Liong Bio suguhkan penampilan musik tradisional Ko Gak, Rabu (15/3). Selain itu, pada peringatan HUT, seribu tamu dijamu dengan makan bersama.

Pengurus Klenteng Lam Liong Bio, Edi Yanto menuturkan setiap perayaan HUT Dewi Kuan Im, pihaknya selalu menyuguhkan hiburan kepada para tamu. Tapi di tahun kelima ini, selain ada band pihaknya juga menyajikan musik tradisional Ko Gak.

"Musik ini biasanya mengiring wayang orang, tapi untuk perayaan ini kami hanya ingin menyajikan musiknya saja,” kata Edi.

Menurut Edi, setelah sembahyang, para tamu akan dipersilakan makan sambil menikmati band. Tapi, selain band yang ingin mendengar musik tradisional juga bisa. "Klenteng berdiri sejak 2011, dan perayaan HUT Dewi Kuan Im selalu ramai. Dan acaranya juga dua hari,” ujarnya.

Lanjut Edi, Ko Gak merupakan musik tradisional, dimana penyanyinya menyanyikan lagu Mandarin diikuti penyanyi lain sehingga terlihat seperti saling saut menyauti. “Kalau di Palembang mirip opera Dulsawan yang dulu sering ditampilkan di TVRI,” ujarnya.

Dikatakannya, dalam perayaan HUT Dewi Kwan Im, panitia seperti biasa menggelar tiga kali ritual yaitu kepada Thien, Dewi Kwan Im, dan para prajurit dewa atau biasa disebut Khokun. “Setelah melakukan ritual, umat hadir yang jumlahnya mencapai ribuan dijamu makan,” bebernya. (wly)

Published in METROPOLIS

JAKARTA - Kapolri Jenderal M Tito Karnavian menduga di Sumsel dapat dijadikan gudang senjata bagi jaringan teroris di Indonesia. Hal itu berdasarkan penangkapan dua terduga teroris yang diungkap Polda Sumsel pada Kamis (16/3) di Palembang.

Mabes Polri, katanya telah memonitor perkembangan kasus yang ditangani kepolisian wilayah hukum Polda Sumsel. "Dugaan itu ada (gudang senjata teroris). Karena di Sumsel itu kan ada daerah-daerah yang banyak memproduksi senjata api rakitan atau kecepek secara home industry," kata Tito di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (17/3).

Maraknya rumah produksi kecepek itu, menurut Tito malah dijadikan peluang bagi jaringan teroris untuk dimanfaatkan memasok amunisi. "Mereka (teroris) tau potensi itu. Jadi membeli disana (Sumsel) lalu dibawa," tambahnya. Tito meyakinkan bahwa aktivitas jaringan teroris yang memanfaatkan rumah produksi kecepek itu sudah diputuskan.

"Polda Sumsel dan Densus 88 sudah menangkapnya dan memutus pasokan," lanjut Tito lagi. Ia menerangkan bahwa aktivitas memasok senpi rakitan dari Sumsel itu merupakan gerakan baru di antara jaringan teroris. Meskipun diakuinya ada pasokan yang sudah berhasil dikirim ke Jawa.

"Itu baru (aktivitas). Ada (ke Jawa), tetapi tidak banyak. Sudah kita putus," tegasnya.

Sementara ini kasus itu, kata Tito, masih dipercayakan kepada Polda Sumsel untuk menanganinya. Mabes Polri terus memonitor perkembangannya. Sejauh ini juga Polda Sumsel sudah dibantu Densus 88 dalam penanganannya. "Ditangani Polda Sumsel. Kita terus monitor dibantu Densus," tutupnya.

Ia meminta aparat kepolisian di Sumsel untuk waspada. Lantaran kasus terorisme ialah kejahatan serius. Karena jangan lengah meskipun sudah ada terduga teroris yang tertangkap. (ran)

Published in NEWS UPDATE
Halaman 1 dari 5

Get in touch

Harian Pagi Sumatera Ekspres 
Terbesar Disumatera Selatan
Gedung Graha Pena Jl. Kol H Burlian
No.773 KM.6,5 Palembang 30152
Telp : 0711 - 411768
Fax : 0711 - 420066

      

Terpopuler

Suara Pembaca