Items filtered by date: September 2016
Sabtu, 01 Oktober 2016 02:59

Bawa Nama Baik Jurai Besemah

PALEMBANG – Zulman Marzuki, dilantik sebagai ketua Jurai Basemah periode 2016-2019, bertempat di Hotel Swarna Dwipa, tadi malam (30/9). Dia mengajak seluruh keluarga Jurai Besemah untuk mendukung para keluarga Besemah yang menjabat dan akan maju di ajang pilkada (pemilihan kepala daerah) 2018 mendatang.

"Kita dukung saudara kita sehingga membawa nama baik jurai besemah," ajaknya. Dirinya pun menekankan putra-putri jurai besemah harus senantiasa membawa bangga harum nama jurai besemah.

Hadir dalam pelantikan tersebut, putra-putri jurai besemah yang sudah sukses. Seperti Sekda Sumsel H Mukti Sulaiman, mantan Kabareskrim Komjen Pol (Purn) H Susno Duadji, mantan wako Pagaralam H Djazuli Kuris, Bupati Lahat H Saifudin Aswari Rivai, Wali Kota Palembang H Harnojoyo, Wali Kota Pagaralam Hj Ida Fitrianti, Sekda Kota Palembang H Harobin Mastofa, dan lainnya.

Dalam sambutannya, Susno Duadji mengajak seluruh keluarga besar Jurai Besemah menciptakan pilkada yang aman dan bersih. "Saya siap turun langsung mengawal keamanan pilkada," ujarnya. Dirinya berharap pilkada di Sumsel bisa benar-benar bersih dari money politic, tidak ada lagi serangan subuh dan kecurangan-kecurangan lainnya.

Dirinya mengaku bangga sebagai putra asli Pagaralam, berkumpul dengan komunitaa para Jurai Besemah. "Mari kita sama-sama mengharumkan nama baik jurai besemah," ajaknya. Wali Kota Palembang, H Harnojoyo, berharap semua anggota Jurai Besemah bisa menjadi yang terbaik.

"Semoga kita selalu menjaga silaturahmi dan bisa melakukan yang terbaik untuk memajukan Jurai besemah, bangsa dan Negara," tambahnya. (chy/air)

Published in METROPOLIS
Sabtu, 01 Oktober 2016 01:45

Tiga Milik Macan PALI

PALEMBANG - PS PALI berhasil menyabet posisi tiga Suratin Cup U-17 2016. Pada perebutan posisi ketiga Macan PALI -julukan PS PALI- berhasil menumbangkan PS Palembang dengan skor 2-1 (1-1) di Stadion Bumi Sriwijaya, Jumat (30/9) petang.

Skuat Subagio itu sebenarnya sempat tertinggal pada menit 35 lewat gol sang kapten Segentar Alam -julukan PS Palembang- Roby Andika. Beruntung sang bomber PS PALI, Ari Saputra mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit 41.

Sayid Al Habib Ahmad dan kawan-kawan menegaskan kemenangan pada menit 72 lewat gol pemain pengganti Aldian Perdana. Pertandingan berjalan seru. Laga tidak dihentikan meski diguyur hujan lebat pada awal babak pertama.

Atas keberhasilan menduduki posisi ketiga, PS PALI diganjar uang pembinaan sebesar Rp3 juta. "Alhamdulillah anak-anak hari ini (kemarin, Red) main sangat bagus. Jika kemarin lawan Persimuba anak-anak main seperti tadi saya kira hasilnya akan beda," kata Subagio, pelatih kepala PS PALI usai laga.

Bagio menilai banyak anak didiknya yang potensial. "Kami melihat anak-anak ada potensi untuk Sumsel ke depan. Rencananya akan terus kita bina dan rekomendasikan ke Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sumsel," tambah dia.

Menurut Bagio, kelemahan anak didiknya karena persiapan tidak maksimal. "Kami hanya mempersiapkan diri selama tiga pekan. Sementara untuk membuat tim bagus idealnya ya, paling tidak enam bulan," terang dia.

Hendrix Halim, manajer PS PALI mengaku puas. Namun tetap akan meningkatkan target ke depan. "Sekarang tolok ukur kita Muba. Tinggal kita bagaimana meningkatkan target ke depan bikin program seperti Muba, dengan harapan dan support Bupati Heri Amalindo ke depan bisa lebih baik lagi. Target kami PALI bisa menjadi kiblat sepak bola Sumsel," timpal sekretaris PSSI PALI.

Sementara itu, Sunardi, pelatih PS Palembang menilai anak didiknya tidak mampu berkembang karena faktor lapangan. Ya, lapangan memang becek dan terjadi beberapa genangan. "Di babak pertama banjir, kedua anak-anak main tidak sesuai skema. Satu dua strategi tidak jalan," terang dia.

Nardi, sapaan akrabnya, berharap ke depan PS Palembang bisa menggelar kompetisi secara berkala. "Dengan begitu kita akan mudah menjaring pemain," tukas dia. (ion/ce2)

Published in ALL SPORT
Sabtu, 01 Oktober 2016 00:52

Yuk Baca Buku 15 Menit Sebelum Belajar

KAYUAGUNG – Tahun lalu, Ketua TP PKK yang juga pembina Rumah Pintar Kabupaten OKI Lindasari SE melaunching program di SMA Unggul Kayuagung. Program tersebut untuk  meningkatkan minat baca siswa. Dengan cara membiasakan membaca selama 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar. Nah saat ini, program tersebut menjalar ke Kecamatan Pedamaran Timur. Diantaranya SDN 2 Tanjung Makmur, Kecamatan Pedamaran Timur, SMPN 1 Pedamaran Timur, yang mulai membiasakan siswa membaca buku terlebih dahulu.

“Tahun 2016 ini kami naik level setelah fondasi minat dan pembiasaan membaca. Kini saatnya mengarah ke pengembangan menulis referensi, melalui program bertajuk Katulistiwa (karya tulis dan literasi siswa)," kata Kepala Sekolah SMAN 3 Unggul Kayuagung Drs Sugiyono, MM.

Terpisah Kepala Sekolah SMPN 1 Pedamaran Timur, Falhan Havivi menambahkan bahwa di sekolahnya sudah dimulai program membaca 15 menit. Kendati masih terkendala koleksi buku popular yang terbatas di perpustakaan dan masih rendahnya daya beli para guru. “Kami sepakat dan tergerak dengan insiatif yang difasilitasi CSR perusahaan Sampoerna Agro mengawali di Pedamaran Timur sebagai pilot projectnya," ujarnya. (rel)

Published in PENDIDIKAN
Jumat, 30 September 2016 23:53

Punya KTP Sumsel, Dapatkan Diskon di Novotel

PALEMBANG - Dengan konsep semi-resort arsitektur yang berbeda dan dekorasi modern, berikan paket spesial weekend bersama keluarga.

Marketing Communication Novotel Hotel Palembang Wendy Natasha mengatakan, pihaknya memiliki paket kamar seharga Rp800 ribu nett/kamar/malam. Tamu dapat check in Sabtu dan check out pada Minggu atau Senin. Benefit yang didapat antara lain free akses ke kolam renang untuk enam orang, sarapan pagi untuk dua orang, voucher pool kid untuk dua orang, late check out hingga pukul 16.00 WIB, dan diskon 20 persen untuk makanan dan minuman.

"Promo paket akhir pekan ini berlaku khusus tamu yang memiliki KTP Sumsel dan wajib dilakukan reservasi sebelum kedatangan," kata Wendy, Jumat (30/9).

Sementara itu Beverage Food Manager, Loyke menambahkan, untuk melengkapi akhir pekan bersama keluarga, silakan datang ke Square Restaurant untuk menikmati aneka BBQ sambil ditemani suasana kolam renang dan taman yang tropis nan eksotik. Hanya Rp175 ribu ++/orang. Pengunjung sudah dapat menikmati aneka BBQ sepuasnya. Promo BBQ tidak hanya dapat dinikmati oleh tamu yang menginap, akan tetapi bagi tamu yang tidak menginap juga bisa ikut menikmati aneka BBQ tersebut, setiap Sabtu mulai pukul 18.00- 22.00 WIB. Menu barbeque yang tawarkan ini menghadirkan bermacam-macam jenis seafood, sosis dan daging-dagingan.

"Menu hidangan tersebut kami jamin kesegaran dan kehigienisannya," ujarnya.(uni)

Published in METROPOLIS
Jumat, 30 September 2016 23:50

Pose Bersama Sebelum Tanding

PARA pemain bulutangkis PB Pemkot Palembang dan PB Sumeks Grup pose bersama sebelum pertandingan persahabatan digelar di lapangan PB Cempako, Palembang, Jumat (30/9) malam. Wakil Wali Kota Palembang FItrianti Agustinda (tiga dari kanan depan) membuka pertandingan persahabatan tersebut.

Pertandingan persahabatan dihadiri Dirut PT Citra Bumi Sumatera (perusahaan Harian Sumatera Ekspres), Dirut Palembang Pos Didi Wahyudi, Wakil GM Sumatera Ekspres H Mahmud, Pemred Sumatera Ekspres Hj Nurseri Marwah, dan Kepala BKD Palembang Ratu Dewa. (dom)

Published in HEADNEWS
Jumat, 30 September 2016 23:34

Tolak Dinyatakan Pailit

JAKARTA - Perusahaan asuransi PT Bumi Asih Jaya (BAJ) bersikeras bahwa kepailitan yang diajukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terlalu prematur.

Komisaris PT BAJ Rudy Sinaga mengaku perusahaan itu mampu membayar klaim para nasabahnya. "Saya meminta ijin usaha PT BAJ harus dikembalikan oleh pihak OJK karena syarat pemenuhan modal setor sudah dilakukan oleh pemegang saham," ungkapnya dalam jumpa pers di kantor pusat BAJ, Jakarta Timur kemarin (30/9). Memang sejak lima tahun terakhir PT BAJ sudah dinyatakan pailit dan tidak bisa beroperasi lagi.

Menurutnya, kepailitan PT BAJ OJK telah melanggar hukum dan berpotensi merusak keberadaan industri asuransi nasional. Tindakan OJK menurutnya telah mencinderai pengertian pertanggungan asuransi.

Pertanggungan asuransi itu, kata dia, adalah perjanjian asuradur dengan pemegang polis untuk penerimaan premi oleh perusahaan asuransi sebagai imbalan untuk memberikan penggantian atas meninggal atau hidupnya pemegang polis (sebagaimana yang diatur dalam pasal 1 angka 1 UU No. 40 tahun 2014 tentang perasuransian).

"Maka dengan ketentuan tersebut sudah cukup jelas bahwa PT BAJ tidak mempunyai hutang kepada pemegang polis. Tindakan OJK yang mempailitkan PT BAJ adalah Prematur karena sesuai dengan ketentuan pasal 29 ayat 3 UU Nomor 21 tahun 2011 tentang otoritas jasa keuangan merupakan kewajiban OJK untuk terlebih dahulu memfasilitasi penyelesaian pengaduan konsumen yang dirugikan oleh pelaku lembaga jasa keuangan, ternyata prosedur ini tidak pernah dilakukan oleh OJK dengan PT BAJ," bebernya. (ran)

Published in EKONOMI
Jumat, 30 September 2016 23:23

Puas Jadi Runner Up

JAKARTA - Timnas Indonesia U-15 gagal juara di Asian Schools Football Championship 2016 di Malaysia. Dalam ajang yang berlangsung pada 22-29 September ini, Indonesia keluar sebagai runner up usai menyerah 0-1 kepada Thailand di final. Meski gagal juara, bukan berarti tidak ada yang bisa dibanggakan dari anak asuh Denny Syamsudin.

Selain pulang ke Indonesia dengan membawa kalung medali dan trofi runner up, mereka pulang dengan menyabet penghargaan pemain terbaik. Yakni gelandang Deka M Toha dan bek kanan asal Jateng Dul Fahmi Firmansyah. "Gelar ini tidak membuat saya puas diri. Saya akan terus mengasah kemampuan saya agar di kemudian hari bisa kembali membawa nama Indonesia di level internasional," terang Deka yang baru tiba di Jakarta bersama rombongan timnas U-15 Jumat (30/9).

Pelatih Denny Syamsudin menjelaskan, peluang juara Indonesia di ajang seperti ini sangat terbuka. Buktinya, dengan hanya latihan tiga pekan saja mereka bisa melesat ke final. Bahkan, sebelum ke final mereka mampu kalahkan tuan rumah Malaysia 2-1 di semifinal. "Jika persiapan lebih panjang bukan tidak mungkin akan dapatkan hasil lebih baik," harapnya.

Asisten Deputi Pengelolaan Pembinaan Sentra dan Sekolah Khusus Olahraga Kemenpora sekaligus Penanggung Jawab Timnas U-15 Teguh Raharjo menjelaskan, persiapan timnas ini memang pendek jika dibandingkan dengan Malaysia dan Thailand hanya hampir berjalan berbulan-bulan. Ke depan, pihaknya akan mempersiapkan tim lebih baik. Bisa tiga atau enam bulan. "Ini supaya hasilnya lebih baik dari persiapan yang hanya tiga minggu," jelasnya.

Manajer Timnad U-15 Hairil Amri Wawo berharap, skuad timnas yang berisi 20 pemain ini diperlakukan istimewa. Mereka adalah terbaik di masanya. Karena itu, apa yang dipersembahkan mereka pantas diapresiasi. "Saya berharap mereka jangan terlalu lama dikembalikan ke kampung halaman masing-masing. Mereka layak disatukan dalam satu sekolah olahraga agar kemampuan dan kerja samanya semakin matang untuk timnas di masa mendatang. Karena tidak mudah untuk dapatkan 20 pemain dengan kualitas seperti mereka," terangnya.(kmd)

Published in INTERNASIONAL
Jumat, 30 September 2016 23:02

Buka Rute Jayapura, Citilink Tambah Armada

JAKARTA - Citilink terus menambah jumlah armada baru A320 dalam empat bulan terakhir. Hal ini untuk memperkuat armada terbang demi meningkatkan market share di kelas budget airlines, sekaligus mendukung ekspansi bisnis maskapai berbiaya murah (LCC) ini ke Timur Indonesia.

"Meski perekonomian melemah, kami tetap melihat peluang di sektor penerbangan sehingga perlu untuk menguasai pasar domestik dengan cepat. Jadi, ketika ekonomi membaik Citilink sudah mampu menguasai market share yang jauh lebih besar dari sekarang," ujar Mega Satria, Direktur Keuangan Citilink Indonesia saat menyambut pesawat ke-40 di hangar Garuda Maintenance Facilities, belum lama ini. Pihaknya, dalam waktu dekat juga akan menambah armada ke-41.

Tambahan dua armada tersebut sebagai bentuk komitmen dan kesungguhan Citilink dalam meningkatkan layanan kepada pelanggannya, terlebih Oktober nanti akan buka rute baru ke Jayapura. Optimisme ini bukan tanpa alasan, mengingat anak perusahaan Garuda Indonesia pertengahan Juni lalu mampu memenuhi standar penerbangan internasional yang ditetapkan Uni Eropa.

"Kedatangan pesawat baru juga diharapkan meningkatkan kepercayaan masyarakat internasional terhadap dunia penerbangan Indonesia. Dengan begitu akan makin meningkatkan peluang terus tumbuh sebagai maskapai yang kuat," ungkapnya.

Untuk diketahui, tahun ini Citilink mendatangkan delapan pesawat. Pesawat ke-40 menjadi yang ke-4 dan masih akan ada empat armada lagi. Total armada 44 pesawat tahun ini. Masih katanya, selain untuk menerbangi kota di Tanah Air, armada baru juga untuk perkuat penerbangan charter dan merambah pasar regional.

"Minat turis asing terhadap destinasi wisata Indonesia menunjukkan tren positif, dan kami harapkan ini akan membantu pengembangannya," jelasnya.

Saat ini, Citilink telah melayani penerbangan ke-27 kota tujuan dan 54 rute di Indonesia dengan lebih dari 234 frekuensi penerbangan sehari. Pada 2017-2018, Citilink akan mendatangkan 10 unit Airbus A320Neo dan menjadi yang pertama di Indonesia memiliki pesawat berlorong tunggal seri terbaru ini.(rei)

Published in EKONOMI
Jumat, 30 September 2016 22:51

Partai ini Cari Kader Jadi Pengurus


PENDOPO - Setelah terpilih menjadi Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) pada 26 September lalu, Hairul Mursalin, diminta untuk segera menyusun kepengurusan di batang tubuh DPC partai berlambang Kakbah tersebut.

Hairul Mursalin menuturkan bahwa dirinya bersama tiga mide formatur terpilih diberi waktu sepekan untuk menyusun kepengurusan DPC PPP Kabupaten PALI, sesuai yang diamanatkan pimpinan tingkat provinsi‎. "Bersama tiga formatur yang terpilih, saya segera menyusun nama-nama kepengurusan di DPC PALI. Sedangkan ketiga mide formatur tersebut terdiri atas Epi Pipiadi mewakili DPC PPP PALI, Rizal Kennedy mewakili DPW, dan Ust Qoyum mewakili dari DPP," terangnya.

Namun untuk saat ini, dirinya belum bisa membeberkan nama-nama yang bakal mengisi kepengurusan DPC PPP Kabupaten PALI ini, karena hal tersebut masih dalam tahap penyusunan. Dan untuk jajaran pengurusnya tersebut, bisa mencapai puluhan kader dan kemungkinan sekitar 30 orang.

"Kita susun DPC dulu, untuk Pimpinan Anak Cabang (PAC) nanti setelah kepengurusan DPC terbentuk. Kami juga tidak menutup kemungkinan untuk menerima kader baru direkrut masuk dalam kepengurusan, kemudian nantinya harus mentaati AD/ART partai yang berlaku, agar kader kita benar-benar berkualitas," ujarnya. (ebi)

Published in NEWS UPDATE

PALEMBANG - Pemerintah Kota Palembang menggelar pertandingan persahabatan bulutangkis dengan Sumatera Ekspres Grup di lapangan PB Cempako, Jumat (30/9) malam. Seluruh pemain inti dan lapis dari dua tim hadir dalam pertandingan persahabatan yang dibuka Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda tersebut.

Agustinda dalam sambutannya mengatakan bahwa hubungan baik Pemerintah Kota Palembang dengan Sumatera Ekspres Grup tidak perlu diragukan lagi. Setiap hari halaman koran Sumatera Ekspres Grup selalu dihiasi dengan pemberitaan Pemerintah Kota Palembang. Pada malam ini hubungan baik tersebut dijaga dengan menggelar pertandingan persahabatan.

"Sudah lama ide ini ingin digelar, namun baru pada malam ini (30/9) baru terealisasi," kata Agustinda.

Sementara itu Dirut PT Citra Bumi Sumatera (perusahaan yang menaungi Harian Sumatera Ekspres) Muslimin menyambut baik digelarnya pertandingan persahabatan Pemkot Palembang dengan Sumeks Grup.

"Atas nama perusahaan, saya mengucapkan terima kasih atas sambutannya," ujar Muslimin. (dom)

 

Published in HEADNEWS
Halaman 1 dari 170

Get in touch

Harian Pagi Sumatera Ekspres 
Terbesar Disumatera Selatan
Gedung Graha Pena Jl. Kol H Burlian
No.773 KM.6,5 Palembang 30152
Telp : 0711 - 411768
Fax : 0711 - 420066

      

Terpopuler

Suara Pembaca