Items filtered by date: November 2016
Kamis, 01 Desember 2016 06:54

Bek Barca Sebut Madrid Tim Terkuat

BARCELONA - Perhatian para pencinta sepak bola akan tertuju pada laga La Liga pekan ke-14. Barca akan menjamu Real Madrid pada El Clasico pertama musim ini di Camp Nou, Sabtu (3/12)  malam WIB. Laga itu terasa lebih berat bagi Barca.

Sebab, Barca harus mengalahkan Madrid agar mampu memangkas jarak enam poin mereka. "Ini pertandingan yang sangat penting dan saya tahu bahwa para fans akan merespons," kata Pique kepada laman AS, Rabu (30/11).

Pique mengakui, saat ini Madrid merupakan tim terkuat di La Liga. "Kami bermain melawan tim besar.  Sebab, itulah kenyataan tentang mereka saat ini," imbuh bek jangkung tersebut. (mg6/jos/jpnn)

Published in TOP SOCCER

PALEMBANG  - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengoperasikan Gardu Induk (GI) 150 kiloVolt (kV) New Jakabaring dan GI 150 kV Gandus. Pengoperasian ini dilakukan untuk memasok listrik ke Palembang dan mendukung proyek Light Rail Train (LRT), sebagai alat transportasi yang bisa menghubungkan jalur dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II ke Jakabaring Sport Center.

Selain diresmikannya dua GI tersebut, dua jalur transmisi 150 kV Phi Incomer yang melewati jalur Mariana-Keramasan dan Keramasan-Talang Kelapa juga resmi beroperasi (30/11). "Ada tiga upaya PLN untuk mensukseskan event akbar di Palembang, yaitu memperbaiki jaringan transmisi listrik dan membangun lima GI baru, serta GI yang menggunakan gas insulated yaitu GI Boom Baru dan GI Lebar Daun," ujar Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN Amir Rosidin.

Kedua, PLN menyiapkan listrik untuk LRT dengan menggelar jaringan sepanjang 120 km untuk memperkuat listrik di setiap stasiun pemberhentian LRT. Ketiga, menggeser transmisi untuk persiapan Grandprix di Jakabaring. "Saya yakin stok dari Gardu Induk ini cukup aman untuk pelaksanaan event akbar Asian Games 2018. Kami berterima kasih kepada PLN karena membangun infrastruktur kelistrikan di Sumatera Selatan dengan baik," tutur Amir.

Sebelum GI New Jakabaring beroperasi, listrik untuk Jakabaring dan sekitarnya dipasok dari GI Keramasan, GI Kedukan, GI Bungaran. Untuk listrik di kota Palembang sebelumnya juga dipasok dari GI Talang Ratu, GI Siguntang dan GI IPP Musi 2.

Hadirnya dua GI baru dan transmisi phi incomer ini dipastikan bisa meningkatkan kehandalan listrik dan pelayanan di kota Palembang, khususnya untuk Komplek Sport Center Jakabaring Palembang, operasional LRT, yang akan berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi kota Palembang.(chi)

Published in ASIAN GAMES 2018

JAKARTA - Ratusan buruh yang tergabung dalam Gerakan Kesejahteraan Nasional (Gekanas) menggelar unjuk rasa di depan Istana Negara, Rabu (30/11).  Dalam aksi tersebut, massa menuntut agar negara kembali ke Pancasila dan UUD1945. "Kami juga meminta agar pemerintah membatalkan rencana merevisi UU Nomor 13/2003 tentang Ketenagakerjaan. Karena bertujuan menghilangkan peran negara melindungi pekerja," ujar salah seorang Presidium Gekanas dari SPKEP SPSI R Abdullah.

Gekanas juga menuntut agar pemerintah segera mencabut PP Nomor 78/2015 tentang Pengupahan. Karena dalam aturan tersebut, pemerintah diduga menganut politik upah murah.  Sehingga, diyakini sangat merugikan serta menyengsarakan pekerja maupun buruh di Indonesia. "Pemerintah harus segera keluar dari AFTA, ACFTA dan MEA, karena sudah terbukti merugikan bangsa, rakyat dan pekerja Indonesia," tutur Abdullah.

Perwakilan massa selanjutnya menyampaikan tuntutan tertulisnya ke sekretariat negara. Namun meski demikian, orasi-orasi tetap disuarakan. "Kita di sini cuma mau satu, mudah-mudahan bapak presiden mencabut upah murah," ungkap salah seorang pengunjuk rasa.(gir/jpnn)

Published in TOP NEWS

MEDELLIN-Sepak bola saat ini sedang berduka. Pasalnya, klub asal Brasil Chapecoense mengalami kecelakaan parah. Pesawat yang membawa Chapecoense jatuh di Cerro Gordo. Akibatnya, korban meninggal sebanyak 72 orang dan lima yang masih selamat.

Chapecoense bertolak ke Medellin untuk menjalani laga pertama final Sudemericana melawan klub Kolombia Atletico Nacional. Insiden itu membuat Atletico memberi respect besar terhadap Chapecoense. "Kami ingin memberikan gelar Copa Sudamericana pada Chapocoense untuk menghormati kehilangan besar mereka," tulis pernyataan resmi klub, Rabu (30/11). "Untuk bagian kami, dan selamanya, Chapecoense adalah juara Copa Sudamericana 2016," tambah tulisan resmi Atletico. (mg6/jos/jpnn)

Published in ALL SPORT
Kamis, 01 Desember 2016 03:22

Malam Tahun Baru, Aryaduta Hadirkan Mytha

PALEMBANG - Banyak kejutan yang akan diberikan Aryaduta Palembang dalam menyambut malam pergantian tahun 2016 mendatang. Tak hanya paket menginap tapi juga New Year's Eve Gala Dinner dengan menghadirkan penyanyi bersuara merdu Mytha Lestari.

Marketing Communications Aryaduta Palembang, Revina Chistanty mengatakan, sengaja mengangkat tema Love in Paris karena lagu yang dibawakan  Mytha sangat romantic  sehingga pas sekali dengan 100 item sajian prasmanan  lezat ala eropa dan asia, termasuk aneka pondokan dan live cooking dari tim kuliner Aryaduta.” Ada juga penampilan comedian, magician, dancer dan live music serta DJ,”terangnya, disela-sela confrensi pers kemarin (30/11).

Semua sajian bisa dinikmati sepuasnya  mulai dari awal hingga countdown. Tak hanya itu lebih menarik lagi karena Aryaduta menghadirkan non alcoholic wine hingga berbagai hadiah menarik seperti sepeda motor, handpone, voucher menginap di Aryaduta Palembang.

Masih kata dia, untuk mengikuti acara event love in Paris with Myhta Lestari di grand ballroom tamu hanya cukup membayar Rp525 ribu nett/orang. bagi tamu yang menginap menjelang pergantian tahun pihaknya menyiapkan New Year’s Eve room package dengan harga mulai dari Rp1.309.000 net untuk satu malam dan Rp2.499.000 net untuk dua malam ditipe kamar superior. Ini sudah termasuk makan pagi untuk dua orang di The Kitchen.

”Paket ini berlaku  mulai dari 30 Desember-3 Januari 2017,” terangnya. Pihaknya juga memberikan penawaran early bird berupa diskon 20 persn bagi tamu yang membeli tiket perayaan malam tahun baru dan paket menginao hingga 7 Desember 2016. Biasanya banyak yang booking menginap ini saat last minute.

Food And Beverage Manager Aryaduta Palembang, Maruli mengungkapkan, untuk mengikuti acara love in paris ini pihaknya menyiapkan tempat untuk 800 tamu dan optimis okupansi hotel meningkat hingga 100 persen karena semakin banyak masyarakat baik dalam maupun luar kota yang ingin merayakan malam pergantian tahun di Aryaduta Palembang.(uni)

Published in EKONOMI

PALEMBANG - Sekitar 500 orang Laskar Pembela Alquran dilepas dari kantor Front Pembela Islam (FPI) Sumsel Jl Dr M Isa, Lr Gubah, Kelurahan Kuto Batu, Rabu (30/11). Sebelum berangkat, mereka terlebih dahulu salat Zuhur berjemaah dan makan siang. Mereka juga berziarah ke makam para ulama Palembang di Gubah Duku (depan kantor FPI).
    
“Ada 500 orang yang kami berangkatkan menuju Jakarta,” kata Sekretaris FPI Sumsel, Habib Mahdi. Sekitar pukul 14.30 WIB, 13 bus yang akan membawa mereka menuju Jakarta mulai bergerak meninggalkan halaman kantor FPI.

Di antara bekal yang dibawa, air mineral, mi dan lain sebagainya. Dari 13 bus itu, ada tiga bus berkapasitas 30 seat dan 10 bus kapasitas 44 seat. Memang jumlah yang diberangkatkan tak sampai 20 bus seperti yang direncanakan. “Tapi kita optimis, massa dari Sumsel yang akan berkumpul di Monas nantinya bisa mencapai 20 ribu orang,” jelasnya.
    
Diungkap Habib Mahdi, beberapa daerah juga akan memberangkatkan Laskar Pembela Alquran-nya. Sebut saja dari Prabumulih, OKU, OKI, serta OKUT. “Belum lagi yang berangkat sendiri maupun yang menggunakan moda transportasi lain,” jelasnya.
Para peserta aksi sudah sepakat satu komando. Semuanya di bawah para ulama yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) Sumsel. “Pada tiap bus sudah ada koordinatornya,” ucap Habib Mahdi.(win/vis/wek/ce1)

Published in HEADNEWS
Kamis, 01 Desember 2016 03:14

Pagelaran Indonesia Bersatu di BKB

Warga kota Palembang mengibarkan bendara raksasa dalam Pagelaran Indonesia Bersatu di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), Rabu (30/11). ini sebagai wujud persatuan dan kesatuan bangsa. Foto: Alfery Ibrohim/Sumeks

Published in HEADNEWS
Kamis, 01 Desember 2016 03:07

Rachmawati: Ahok Harus Dipenjara

JAKARTA - Rachmawati Soekarnoputri mengajak peserta aksi dari kelompok nasionalis dan agama menjadikan momentum Aksi Bela Islam III untuk menuntut MPR menggelar Sidang Istimewa. Sidang Istimewa ini, lanjutnya, untuk mengembalikan UUD 1945 ke versi yang asli, bukan hasil amandemen.

Rachmawati Soekarnoputri menyampaikan seruannya itu dalam acara Konsolidasi Nasional Mahasiswa dan Pemuda Islam Indonesia di Aula Bung Karno, Kampus Universitas Bung Karno (UBK), Rabu (30/11). Rachma meminta semua peserta aksi berkumpul di Bundaran Hotel Indonesia untuk kemudian bersama-sama berjalan menuju Gedung MPR.

"Kita harus kembali ke UUD 45. Kami akan ke MPR besok. Siapa yang ingin bersama-sama mari ikut kita ke MPR untuk meminta dan menuntut kembalinya UUD 1945 yang asli," seru wanita yang akrab disapa Mbak Rachma ini, seperti diberitakan RMOL.

Sembari menangis emosional, Mbak Rachma meminta para mahasiswa dan masyarakat untuk kembali ke jalan yang benar dengan mengembalikan kiblat bangsa Indonesia melalui jalan jihad di tanggal 2 Desember.

"Semua rusak karena konstitusi kita yang bersifat liberal kapitalis, UUD kita diubah dengan amandemen. Kondisi kebangsaan kita sudah kondisi titik nadir," tegas Mbak Rachma sambil terisak.

Ia melanjutkan, persoalan bangsa Indonesia kini multikompleks dan makin memuncak lewat dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).Menurutnya, entry point dari persoalan kebangsaan saat ini adalah penistaan agama oleh Ahok.

"Ahok harus dipenjara," kata dia yang masih tak bisa membendung tangis. (ian/RMOL/sam/jpnn)

Published in TOP NEWS
Kamis, 01 Desember 2016 02:02

Tamu Istimewa Majalah Rolling Stone

Evan Rachel Wood menjadi tamu istimewa untuk majalah Rolling Stone. Dia diundang khusus menjadi narasumber atas kehidupan asmaranya.  Akhir-akhir ini, nama Evan Rachel Wood memang kembali menjadi sorotan. Bekas pacar Marilyn Manson mengaku hidup di bawah bayang-bayang kelam.

Wawancara ini kemudian membuat banyak penggemarnya terkejut.  Bintang film Across the Universe ini mengatakan, pernah dua kali diperkosa di masa lalu. Sebelumnya, Rachel Wood memang sempat mengunggah sebuah surat tentang pelecehan seksual lewat akun Twitternya. Dalam wawancaranya dengan majalah tersebut, artis 29 tahun itu memberikan lebih banyak detil.  "Kurasa, seperti banyak wanita lain, aku memiliki dorongan untuk menjadikannya kisah cengeng, untuk tidak menjadikannya berkisar tentangku," ujar bintang film Ides of March ini.

"Kurasa, jauh di lubuk hatiku, aku tidak ingin dituduh sebagai pencari perhatian, atau dibilang 'itu bukanlah pemerkosaan', atau, 'itu bukan hal serius.'"  Walaupun begitu, Rachel Wood memutuskan untuk tetap menyampaikan kisahnya.

"Aku menolak untuk percaya bahwa kita hidup di masa kita bisa untuk terus diam. Aku benar-benar tidak mau mem­percayainya. Apalagi mengingat kondisi dunia saat ini penuh dengan kebencian dan seksisme yang blak-blakan," ia melanjutkan.

Rachel Wood mengungkapkan, pasangannya saat itulah yang memperkosanya.  "Pertama kali, aku tidak yakin apakah jika dilakukan oleh pasangan hal tersebut masih dianggap pemerkosaan, sampai akhirnya sudah terlambat. Lagipula, siapa yang akan mempercayaiku," tulisnya.

Orang kedua yang memperkosanya adalah seorang pemilik bar. "Yang kedua kalinya, aku berpikir itu adalah salahku, dan aku seharusnya melawan lebih keras, tapi aku takut." (RMOL/JPG/JPNN)

Published in SHOW & SELEBRITI

JAKARTA - Perubahan sikap calon Gubernur Basuki T Purnama menjadi lebih santun ternyata tak disambut positif oleh semua orang.  Pria yang akrab disapa Ahok itu dinilai hanya bersandiwara demi meraih simpati warga ibu kota.

Salah satu yang tak senang melihat perubahan Ahok adalah pengamat politik dari LIPI Siti Zuhro.  Dia menyebut perubahan Ahok itu hanya untuk kepentingan kampanye semata.
"Ya iya lah (hanya untuk kampanye). Kan sedang jualan politik sekarang," kata Siti di Jakarta, Rabu (30/11).

Siti mengatakan bahwa Ahok akan kembali ke karakter lamanya, yang suka marah-marah, bicara kasar dan ceplas-ceplos.  Pasalnya, lanjut Siti, karakter asli seseorang sulit untuk disembunyikan. "Kalau karakter itu ya tetap karakter. Karakter, apalagi di atas umur 30 tahun itu sudah melekat. Jadi enggak ada karakter itu yang dibikin-bikin sampai Februari, itu enggak ada. Karakter ya karakter," kata Siti.

Siti menginginkan agar Ahok tampil apa adanya sebagaimana Ahok sebelum kasus dugaan penistaan agama mencuat.  Dirinya menganggap apa yang dilakukan Ahok saat ini, dengan berubah menjadi kalem dan santun, bisa menjadi blunder bila terpilih kembali menjadi Gubernur DKI. "Jadi menurut saya, lakukanlah kampanye yang tidak menyesatkan. Jangan melakukan kampanye yang membodohi dan menyesatkan masyarakat. Be yourself," ujar Siti.

"Karakter itu sudah tercatat, mau dihapus seperti apa tidak ada penghapus yang bisa menghapus itu. Jangan buat pencitraan yang bisa mendatangkan blunder nantinya," pungkasnya.

Sebelumnya, Ahok mendapatkan nasihat dari banyak tokoh, mulai dari Wapres Jusuf Kalla hingga Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Ahok mendapat nasihat setelah pidatonya di Kepulauan Seribu yang dianggap menistakan agama.

Perubahan gaya bicara Ahok yang menjadi kalem bahkan membuat istrinya, Veronica Tan heran.  Selain Veronica, para pendukung Ahok pun merasa heran dengan perubahan mantan Bupati Belitung Timur tersebut. (rmol/dil/jpnn)

Published in PILKADA
Halaman 1 dari 175

Get in touch

Harian Pagi Sumatera Ekspres 
Terbesar Disumatera Selatan
Gedung Graha Pena Jl. Kol H Burlian
No.773 KM.6,5 Palembang 30152
Telp : 0711 - 411768
Fax : 0711 - 420066

      

Terpopuler

Suara Pembaca